Friday, June 16, 2017

(News) Sebelum G-Dragon, GOT7 lebih dulu merilis Album USB



Sebelumnya, penulis sama sekali tidak menaruh perhatian pada pembahasan seputar album USB tersebut, berhubung penulis BUKANLAH FANS MULTIFANDOM dan dapat dikatakan tidak peduli pada apa yang terjadi pada idola lain selain idola penulis sendiri. Namun setelah melihat sebuah status yang melintas di beranda tentang G-Dragon yang diklaim oleh banyak orang sebagai idol Kpop pertama yang merilis album dalam bentuk USB sehingga menjadi kontroversi di mana-mana karena Gaon Chart menolak album tersebut dan KBS mencekal empat lagu dalam album tersebut, jadilah penulis merasa “Tersentil” dan muncul keinginan untuk menjernihkan kesalahanpahaman ini.

Dan untunglah ternyata ada banyak blog dan kpop fanpage lain yang juga telah meralat artikel mereka dan akhirnya mengakui bahwa G-Dragon BUKANLAH YANG PERTAMA merilis album dengan format USB, sebelum G-Dragon, telah ada 3 artis lain yang lebih dulu merilis album dengan format USB yang sayangnya kurang mendapatkan sorotan. Mungkin harus membuat kontroversi dicekal oleh KBS dan Gaon Chart dulu kale ya lagunya baru bisa terkenal hahaha ^.^ Tapi gpp, walaupun sebelumnya banyak yang tidak mengetahui hal tersebut, saat ini penulis akan membantu mereka yang tidak tahu akhirnya menjadi tahu. Siapa sajakah ketiga artis sebelum G-Dragon yang terlebih dulu merilis album dalam format USB tersebut? Let’s check this out below...

“(News) Sebelum G-Dragon, GOT7 lebih dulu merilis Album USB”





Dalam industri musik, album biasanya dirilis dalam bentuk fisik berupa CD. Mungkin sebelumnya, saat jaman masih belum terlalu maju dan teknologi belum berkembang pesat seperti saat ini, penjualan album pernah dalam bentuk piringan hitam dan pita kaset. Namun seiring dengan berkembangnya teknologi, kini penjualan album dalam bentuk pita kaset sudah tak lagi ada dan digantikan oleh kepingan CD. Namun sepertinya trend tersebut juga akan berubah tak lama lagi.

Baru-baru ini YG Entertainment memutuskan untuk merilis album baru salah satu artis andalannya yaitu G-Dragon bukan dalam bentuk kepingan CD melainkan dalam format USB. Album baru G-Dragon yang diberi title “Kwon Ji Young” ini berhasil mengumpulkan banyak perhatian publik karena dianggap tidak umum. 

Hal ini membuat banyak orang yang TIDAK TAHU, mengira bahwa G-Dragon adalah idola Kpop pertama yang merilis album dalam bentuk USB. Meskipun dia sendiri tidak pernah mengklaim hal tersebut. Namun ITU TIDAKLAH BENAR !!! G-DRAGON BUKANLAH ARTIS PERTAMA YANG MERILIS ALBUM DALAM FORMAT USB !!! (huruf besar, tanda seru, diperbesar dan diberi warna berbeda biar kelihatan jelas hehehe ^.^ Harap tak ada yang protes karena ini adalah blog saya). Banyak orang yang keliru dan percaya bahwa GD adalah artis Korea pertama yang merilis album USB, namun setelah ditelusuri, ternyata sudah ada 3 artis -pop yang pernah melakukannya sebelum G-Dragon dan G-Dragon hanyalah yang keempat.

Berikut adalah urutan yang tepat : 
1. Kim Jang Hoon. 
Seperti yang dilansir dari Koreaboo, artis Korea pertama yang pernah merilis album dalam format USB adalah penyanyi rock senior, Kim Jang Hoon. Dia merilis album studio kesepuluhnya yang diberi judul 'adieu' dalam bentuk USB pada tahun 2012. Lima tahun sebelum G-Dragon merilis Album USB-nya. Dengan begitu, Kim Jang Hoon lah yang menjadi artis K-pop pertama yang merilis album dengan format USB ini.


2. GOT7 
GOT7, Boygrup asuhan JYP Entertainment yang beranggotakan tujuh orang pria muda yang tampan dan energik ini menjadi artis Kpop KEDUA merilis album dalam format USB. GOT7 merilis album dengan format USB tersebut pada tahun 2014 silam, di mana album tersebut merupakan versi edisi spesial dari full album pertama mereka 'Identify.


GOT7 juga mendesain album USB tersebut dengan sangat unik. Album USB berkapasitas 16GB ini dibuat dalam bentuk kartun dari karakter masing-masing member yang terlihat sangat lucu dan menggemaskan, menjadikannya sebuah album yang layak dikoleksi oleh para fans dan sayang untuk dilewatkan.


3. Lee Seung Gi 
Ketiga, ada aktor sekaligus penyanyi Lee Seung Gi yang juga merilis sebuah album spesial yang diber judul 'The History of Lee Seung Gi', yang menampilkan lagu--lagu terbaiknya dalam bentuk USB berkapasitas 4GB, dan dirilis pada 23 Februari 2017. Album yang berisi sejumlah lagu dan foto ini merupakan hadiah dari Lee Seung Gi yang masih menjalani wajib militer untuk mengobati kerinduan para penggemarnya.


4. G-Dragon 
Terakhir, album G-Dragon yang diberi title 'Kwon Ji Young yang dirilis pada 8 Juni 2017 dengan single pertama 'Untitled, 2014' dirilis secara online. Tanggal 10 Juni 2017, barulah pihak agensi merilisnya dalam bentuk USB berwarna merah dengan tulisan 'Kwon Ji Young, blood type A, 8/18/1988', yang merupakan nama asli, golongan darah, dan tanggal lahirnya.


Walau album ini berhasil merajai chart iTunes di 39 negara, namun album ini juga tak lepas dari berbagai kontroversi yang menjeratnya. Album USB ini kabarnya ditolak oleh Gaon Chart dan empat buah lagu dalam album tersebut juga dicekal oleh stasiun TV KBS untuk tampil di acara mereka. Empat buah lagu G-Dragon yang dicekal oleh KBS tersebut berjudul 'Middle Fingers-Up', 'BULLSHIT', 'SUPER STAR', dan 'Divina Commedia'. Pihak KBS menyatakan bahwa keempat lagu milik GD tersebut mengandung kata umpatan, kata-kata kasar, istilah yang merendahkan, serta vulgar, dan pada lagu 'SUPER STAR' juga menyebutkan brand tertentu.

My Personal Opinion : 
Sedih banget ya GOT7 gak diakuin? Iya deh iya, GOT7 cuma butiran debu kok di mata Fans Korea. Ditambah lagi, tahun 2014 GOT7 baru debut jadi wajar kalau banyak yang tidak tahu. Uda debut 3 tahun aja masih dianggap "Under Dog" di Korea hehehe ^.^ *ngenes banget ya?* Tahu dan sadar diri banget kalau di Korea tuh GOT7 masih belum ada apa-apanya dibandingkan boyband kelas atas seperti : EXO, BTS dan BigBang. Di berbagai voting aja GOT7 selalu di bawah mereka.

Apalagi kalau melawan segerombolan “Tentara”, walau selalu difitnah dan dijelek-jelekkan oleh sebagian “Tentara” seperti yang baru-baru ini terjadi pada akun Jackson palsu dan berbagai komentar gak enak dibaca di berbagai video GOT7 (khususnya "Never Ever" yang dituduh memplagiat idol mereka, iya deh iya, idola loe yang paling hebat ^.^). Yang mana komentar kasar tersebut dibuat oleh sebagian “Tentara Immature”.

Lalu di Forum Soompi "MAMA Winner 2016", di mana ada “Tentara” yang memprotes kenapa penghargaan “Worldwide Awards” bukan milik mereka karena mereka yang lebih pantas (uda menang banyak masih kurang? Gimana kalau kalian buat Awards sendiri aja xixixi ^.^) dan berbagai komentar pedas lainnya (cari sendiri aja di google dan youtube, banyak kok buktinya), tapi kami hanya bisa bersabar dan menahan diri untuk tidak balik memaki. Buat apalah? Let’s Spread Love, NOT HATE !!! 

Apalagi kalau baca artikel di Internet, banyak banget yang bilang kalau gerombolan "Tentara" ini memang sudah dikenal sebagai fandom yang suka ngajakin perang jadi gak perlu ditanggepin deh komentar pedas mereka. Kalau liat komentar pedas muncul, langsung skip aja, gak perlu dibaca komennya si gerombolan "Tentara" yang bikin sakit ati ini ya guys...Skip skip hehehe ^.^


Kami ibarat “Bayi burung” yang baru terlahir ke dunia dan baru belajar bagaimana caranya terbang. Tapi kami yakin suatu saat nanti, “bayi burung” tersebut akan tumbuh besar dan menjadi seekor rajawali perkasa yang akan terbang tinggi melebihi mereka semua. Kami percaya saat itu pasti akan tiba, karena semua idola pasti memiliki masa kejayaan dan kejatuhan mereka sendiri. Mereka yang saat ini di atas, suatu hari nanti pasti akan terjatuh. Sebaliknya, mereka yang saat ini berada di bawah, suatu saat nanti, akan terbang tinggi ke langit yang sama, langit yang mungkin akan lebih tinggi dari yang pernah diraih oleh pesaing mereka.


Dan mengenai album format USB ini, mungkin karena album dari para artis sebelumnya tidak dirilis secara konvensional, maka perilisan album dalam bentuk USB tersebut tidak menjadi terlalu heboh pada waktu itu. Barulah kemudian, G-Dragon mengangkat trend tersebut saat ini, tak lain dan tak bukan, karena album USB tersebut sedang mengalami kontroversi. Kontroversi tersebut bukan hanya karena Gaon Chart menolak album USB tersebut, namun juga tentang KBS yang mencekal keempat lagu dalam album G-Dragon untuk tampil di acara mereka.

Empat buah lagu G-Dragon yang dicekal oleh KBS berjudul 'Middle Fingers-Up', 'BULLSHIT', 'SUPER STAR', dan 'Divina Commedia'. Pihak KBS menyatakan bahwa keempat lagu milik GD tersebut mengandung kata umpatan, kata-kata kasar, istilah yang merendahkan, serta vulgar, dan pada lagu 'SUPER STAR' juga menyebutkan brand tertentu. Wajar sih, dari judulnya aja uda gak sopan banget “Middle Fingers-Up” yang artinya “acungkan jari tengah” alias “F*ck y*u hahaha ^,^ Tapi yasudahlah, bukan urusan saya.

Intinya nih album USB mungkin terkenal karena KONTROVERSI. (Saya bilang “mungkin” loh ya, jadi Fansnya GD gak usah ngamuk-ngamuk ^.^). Apa mungkin seperti artis Indonesia yang semakin bikin kontroversi maka akan semakin terkenal? Kalau begitu, mungkin GOT7 harus membuat sedikit kontroversi agar lebih terkenal lagi xixixi ^.^ *kidding* Jangan marah ya buat para fans yang nama idolnya kesentil di atas, bukan bermaksud bikin fanwar kok, hanya sekedar mengungkap opini semata. Peace...

Written by : Liliana Tan

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.