Selasa, 20 Juni 2017

(News) VIP Fandom Damai ??????????



Ini adalah sebuah PERTANYAAN dan BUKAN PERNYATAAN. Sebuah PERTANYAAN yang membutuhkan sebuah jawaban. Benarkah VIP adalah sebuah fandom damai seperti yang selama ini mereka proklamirkan? Hhhhmmm...Mungkin Anda bisa menemukan jawabannya dan menyimpulkannya setelah membaca beberapa BUKTI SCREENSHOT DI BAWAH INI !!! Anda yang membaca, Anda yang menentukan !!!

Masih membahas seputar album USB. Sebenarnya penulis ragu perlukah memposting hal ini, namun setelah berpikir ribuan kali, tak ada salahnya penulis memposting hal ini lengkap dengan screenshotnya sebagai bukti, hanya untuk sekedar menjadi pengingat, bahwa satu saja salah kata dari beberapa orang, dapat menimbulkan kesalahpahaman dan menimbulkan salah persepsi/kesan terhadap semua orang yang bernaung di bawah fandom yang sama. Pepatah mengatakan “Karena nila setitik, rusak susu sebelanga.” Yang artinya “Karena ulah seseorang, semua orang jadi terkena imbasnya.” Mungkin itulah yang sedang terjadi pada fandom ini sekarang.

Secara pribadi, sebelumnya penulis sama sekali tidak peduli dengan fandom ini ataupun idola mereka, karena penulis BUKANLAH MULTIFANDOM jadi penulis HANYA FOKUS pada idola penulis sendiri. Tapi setelah muncul masalah kasus Album USB yang sepertinya tak kunjung selesai, dari masalah klaim siapa yang pertama kali memakai format tersebut hingga yang terbaru, klaim dari beberapa fans yang mengatakan bahwa idola merekalah yang menciptakan trend, jadi "gak usah pada butthurt lah ya buat para fans yang biasnya pernah pake usb sebelum gd, terima kenyataan aja usb GD yang diakui" dll, yang mana ini adalah kalimat yang TERDENGAR SANGAT KASAR dan MENYINGGUNG FANS IDOLA LAIN (Bukti screenshotnya ada di bawah ini). Terus terang itu adalah komentar pedas yang menyakiti hati. Tapi penulis di sini bukan ingin memancing fanwar, melainkan ingin menunjukkan pada kalian, VIP yang lain, VIP yang dewasa, VIP yang cinta damai, agar mungkin bisa menasehati teman kalian yang berkomentar pedas seperti ini agar TIDAK MERUSAK NAMA BAIK VIP yang selama ini tercipta. Itu saja...

“(News) VIP Fandom Damai ??????????”

Tolong kalimatnya diatur dulu ya, dik...Nyelekit loh itu kalau dibaca ^.^ IGOT7 gak pernah buthurt atau menyinggung idola kamu loh ^.^




WARNING : 
Komentar pedas/jahat/kasar/arogan/gak enak dibaca/gak sopan TIDAK AKAN DITAYANGKAN dan akan langsung dihapus oleh penulis. Jadi berpikirlah lebih dulu sebelum memberikan komentar. Penulis BUKAN INGIN MEMANCING FANWAR atau menjelekkan nama baik VIP. Namun penulis hanya sekedar MENGUNGKAPKAN KEBENARAN dengan bukti-bukti screenshot yang ada, dari apa yang penulis baca dan lihat dari sebuah Fanpage, dan menunjukkan kepada kalian bahwa BUKAN AHGASE yang memulai berkata kasar melainkan VIP.

Dengan tujuan agar VIP yang lain, VIP yang lebih dewasa, VIP yang cinta damai, bisa menasehati teman kalian yang berkomentar pedas seperti ini agar TIDAK MERUSAK NAMA BAIK VIP yang selama ini tercipta. ADA BUKTI LOH, berarti PENULIS TIDAK MEMFITNAH DAN TIDAK MEMANCING FANWAR !!!

######

Berawal dari masalah kasus album dengan format USB milik G-Dragon yang resmi dirilis pada tanggal 8 Juni 2017. Album G-Dragon yang diberi title 'Kwon Ji Young dengan single pertama 'Untitled, 2014' memang dirilis dengan format yang tidak biasa atau lebih tepat disebut dirilis dengan format yang menurut banyak orang tidak biasa, karena mereka tidak mengetahui jika sebelum G-Dragon, telah ada Kim Jang Hoom (2012), GOT7 (2014) dan Lee Seung Gi (23 Februari 2017) yang lebih dulu merilis album dengan format USB namun kurang mendapatkan sorotan.


Bedanya mungkin, di album G-Dragon tersebut, USB tersebut hanya berisi link berupa download dan merupakan full album. Berbeda dengan album dengan format USB milik GOT7 yang merupakan versi edisi spesial dari full album pertama mereka 'Identifyyang di dalamnya murni lagu dan bukan link download.

Faktor lain yang membuat idola lain kurang disorot adalah karena masalah timing dan popularitas sang idola di Korea. Tak banyak yang tahu siapa itu Kim Jang Hoon, jujur penulis pun tidak pernah mendengar nama orang ini sebelum kasus album USB. Lalu GOT7 pun meluncurkan album dengan format USB di saat mereka masih berstatus sebagai pendatang baru yang baru saja debut, jadi maklum bila album mereka kurang mendapat perhatian publik. Soal Lee Seung Gi, penulis tidak tahu pasti kenapa album USB miliknya juga kurang mendapatkan perhatian dari publik, mungkin karena saat ini sang aktor sendiri sedang menjalani wajib militer.


Dan karena FAKTOR KETIDAKTAHUAN inilah, banyak orang yang tidak mengerti dan mengklaim bahwa G-Dragon adalah idola Kpop pertama yang merilis album dalam bentuk USB. Orang-orang tersebut memuji G-Dragon sebagai idola yang cerdas karena bisa memikirkan konsep yang sebelumnya tak pernah ada, mereka berpikir bahwa G-Dragon adalah idola Kpop pertama yang merilis album dengan format USB dan menciptakan trend baru di dunia hiburan Korea. (Iya deh iya, idola loe yang paling hebat, yang lain hanya butiran debu hehehe ^.^) Meskipun dia sendiri tidak pernah mengklaim hal tersebut, namun  nyatanya hal tersebut cukup mengganggu karena seolah-olah membuat artis lain tidak diakui.

Kim Jang Hoon (2012)

 GOT7 (2014)

 Lee Seung Gi (23 Februari 2017)

Hal yang lebih mengganggu lagi dan cukup membuat sakit hati fandom lain yang membacanya adalah klaim bahwa “Walaupun G-DRAGON BUKANLAH ARTIS PERTAMA YANG MERILIS ALBUM DALAM FORMAT USB, namun dialah yang menciptakan trend abum USB di Korea, G-Dragon yang berhasil mengubah peraturan tentang perhitungan album dsb” yang mana hal tersebut diucapkan dengan kalimat yang KASAR dan mengandung nada KESOMBONGAN dan MERENDAHKAN IDOLA LAIN sebelum G-Dragon. Kalau GD mendengarnya, penulis yakin dia pasti sedih melihat kesombongan fansnya itu.

Seperti contohnya di bawah ini :

 

Sebagai IGOT7, sedih banget rasanya GOT7 gak diakuin T__T Iya deh iya, GOT7 cuma butiran debu kok di mata Fans Korea. Tahu dan sadar diri banget kalau di Korea tuh GOT7 masih belum ada apa-apanya dibandingkan boyband kelas atas seperti : EXO, BTS dan BigBang. Di berbagai voting aja GOT7 selalu di bawah mereka.

Tak masalah jika sebagian VIP tak mau mengakui jika GOT7 dan 2 orang artis lainnya telah lebih dulu merilis album USB lama sebelum G-Dragon. Tapi BISAKAH KALIAN MENGATAKANNYA DENGAN NADA YANG LEBIH SOPAN DAN TIDAK BERNADA MERENDAHKAN IDOLA LAIN SEPERTI ITU? Jika idola kalian yang dihina, kalian pasti akan balik memaki dan memicu fanwar, kan? Jika seandainya keadaan dibalik, G-Dragon yang lebih dulu merilis album USB tapi tidak diakui, dan GOT7 yang kini justru diakui, tentu kalian juga merasa sakit hati, kan? Okelah, G-Dragon selalu menjadi pencipta trend, tapi bisakah kalian melontarkan komentar dengan MENGGUNAKAN BAHASA YANG SOPAN DAN TIDAK MENYINGGUNG PERASAAN SEPERTI ITU?


Tak masalah juga jika kalian ingin berbangga hati mengatakan bahwa walaupun G-Dragon bukan yang pertama namun G-Dragon adalah pembuat trendsetter Album USB di Korea, G-Dragon yang berhasil mengubah peraturan tentang perhitungan album dsb, itu hak kalian.

Bagi kami itu juga bukanlah masalah besar, karena ini bukan pertama kalinya GOT7 tak diakui, bukan pertama kalinya GOT7 direndahkan, bukan pertama kalinya GOT7 dipandang sebelah mata oleh para Fans Korea dan bahkan oleh fandom senior lainnya. Semua orang berhak berpendapat.


Dan penulis di sinipun hanya ingin mengutarakan pendapat bahwa kebanggaan yang berlebihan pada seorang idola akan menjadi bumerang bagi fandom tempat kalian bernaung di dalamnya. VIP berhak mengutarakan pendapat dan kebanggaannya, namun penulis di sini juga berhak untuk menunjukkan bahwa kebanggaan yang berlebihan akan berdampak TIDAK BAIK bagi nama FANDOM kalian sendiri.

Karena kebanggaan yang berlebihan tersebut, jika disampaikan dengan gaya tulisan yang tidak tepat, maka akan menimbulkan kesalahpahaman dan akan membuat orang lain berpikir, “TERNYATA VIP SANGAT SOMBONG dan MERASA IDOLA MEREKALAH YANG PALING HEBAT !!! Katanya Fandom damai, kok kalimatnya pedes gini sih?”, jika melihat dari cara penyampaian seperti yang ter-screenshot di bawah ini :


Lihatlah! Kalimat "Gak usah pada butthurt lah ya..." terdengar menyakitkan. Bukankah kalimat yang diutarakan anak ini menimbulkan kesan bahwa VIP MERENDAHKAN IDOLA LAIN? Tolong belajar bahasa Indonesia dengan baik dan benar ya, adik manis? Kalimatmu menohok banget loh, dan memicu fanwar. Untunglah Ahgase fandom yang sabar, tak ada Ahgase yang menanggapi kesombongan kalian di status tersebut.

Dan ada lagi yang perlu penulis ungkapkan di sini yaitu saat Penulis berniat baik mengajak teman sesama fandom PINDAH LAPAK karena takut dianggap memancing Fanwar dan merusak nama baik IGOT7/Ahgase, Penulis justru mendapatkan tanggapan negatif dan nyinyir abis dari salah satu VIP.

Berikut Screenshotnya : 


Awalnya teman sesama fandom penulis, bertanya karena dia memang tidak mengetahui kalau Kim Jang Hoon-lah yang pertama. Dia bertanya, “Padahal kan yang pertama pake konsepnya GOT7, iya kan cie?". Itu adalah pertanyaan yang sopan. Lalu saya menjawab dengan kalimat yang sudah TERAMAT SANGAT SOPAN DAN TIDAK MENYINGGUNG G-DRAGON ATAU VIP sama sekali. Penulis menjabarkan tentang urutan siapa saja yang lebih dulu merilis album USB tersebut dan juga berniat baik mengajak teman tersebut pindah lapak.


Lalu teman tersebut kembali menjawab, “hahaha....kirain GOT7 yang duluan.” juga dengan nada yang sopan, dan saya pun kembali menegaskan dengan SANGAT SOPAN bahwa GOT7 juga bukan yang pertama merilis album dengan format USB dan sekali lagi mengajak teman untuk pindah lapak.

Namun ternyata, salah seorang VIP dengan sinis, kasar, nyinyir dan gak sopannya menuliskan komentar balasan kepada penulis seperti berikut di bawah ini :


Nyinyir banget, kan? Sopan gak sih kalimat ini? Tolong diolah lagi kalimatnya ya, adik ^.^ Nyakitin loh itu benernya, padahal saya gak nyinyir sama sekali sama fandom Anda atau idola Anda. Apa saya ada bilang "GAK SUKA ???", nggak ada loh, adik. Saya mengajak teman pindah lapak karena saya tahu bahwa TIDAK SOPAN BILA NYAMPAH DI TEMPAT ORANG !!! Kalimat saya pun adem loh, sopan dan halus banget loh. Kok situ nanggepinnya nyinyir, ya? Akhirnya saya pun hanya mengucapkan dua kata “TERIMA KASIH” sebagai balasan agar tidak menciptakan fanwar. Penulis tak mau terpancing walaupun VIP TELAH BERKALI-KALI MEMANCING !!!

Itulah beberapa screenshot yang saya ambil dari sebuah status di salah satu Fanpage tentang betapa kasar da arogannya beberapa VIP. Penulis hanya mengambil beberapa contoh saja karena penulis terlalu malas untuk menscroll ke atas. Tapi jika terus di scroll ke atas, penulis yakin kalimat bernada nyinyir, pedas dan sombong seperti contoh-contoh di atas pasti masih banyak.

Album USB GOT7 yang tidak diakui >__< Iya deh iya, terserah apa kata loe. Memang idola loe yang terbaik, nomor 1, the best. Terima nasib aja terus direndahin daripada fanwar.

Semoga ulah dari beberapa VIP Sombong ini tidak merusak reputasi dari seluruh fandom ini. Penulis yakin kalau VIP sebenarnya adalah fandom yang adem, baik hati, tidak sombong, rendah hati, gak suka memancing fanwar, dewasa dan sangat menghormati idola dan fandom lain, khususnya terhadap JUNIOR mereka dan juga fandom yang selama ini gak pernah terlihat memancing fanwar dengan mereka dan terhadap fandom yang idolanya memang masih di bawah Bigbang/GD.

Member GOT7 Bambam bahkan mengatakan bahwa G-Dragon adalah idolanya, jadi tentu saja sebagai Fans GOT7/Bambam, kami juga menghormati G-Dragon, apalagi kami tidak memiliki alasan pribadi untuk membenci sosok G-Dragon yang dianggap sebagai Legenda di Korea. Tapi tentu saja, kami juga mengharapkan mendapatkan perlakuan yang sama dari VIP.

Akan sangat menyenangkan jika dua fandom ini dapat tetap saling menjaga hubungan baik dan tidak saling menghina fandom yang idolanya lebih “kecil” dibandingkan idola mereka, karena bukankah merendahkan orang lain adalah perbuatan yang tidak pantas? Dan VIP sebagai salah satu fandom besar, lebih dewasa dan lebih dulu berjaya dapat menjadi contoh yang baik bagi junior-juniornya.

Walaupun pernah terjadi Fanwar antara VIP dan EXO-L serta VIP dan Army, namun besar harapan agar saat ini ataupun kelak di kemudian hari, tak perlu terjadi fanwar serupa antara VIP dan IGOT7, amin. Alasannya sederhana yaitu kami tak ingin idola kami, Bambam merasa sedih jika melihat para Fansnya membenci orang yang dia kagumi/idolakan.

Fanwar yang pernah terjadi antara VIP dan fandom besar lainnya : 
1. VIP (Bigbang) vs Army (BTS) :


2. VIP (Bigbang) vs EXO-L (EXO) :


Penulis sama sekali tidak peduli dengan siapa saja VIP pernah terlibat fanwar, namun akan lebih menyenangkan jika tak pernah tercipta fanwar antara VIP dan IGOT7, walaupun jika melihat dari berbagai screenshot di atas, VIP-lah yang terlebih dulu mengucapkan kalimat kasar dan merendahkan idola lain. Namun kami, bayi burung akan selalu bersikap sabar. Screenshot itupun dimaksudkan agar VIP yang merasa lebih dewasa dapat menasehati adik-adik mereka agar menjadi lebih bijak dan berhati-hati dalam berkomentar agar tidak menimbulkan kesalahpahaman dan merusak nama fandom kalian.

Berbangga hati dan bergembira atas prestasi idola kalian memang bukanlah kesalahan, yang tidak tepat adalah bila kebanggaan tersebut berubah menjadi sebuah kesombongan sehingga tanpa sadar merendahkan idola lain yang sebelumnya tak pernah merendahkan idola kalian dan menyampaikannya dengan cara yang tidak tepat dan dengan bahasa yang kasar dan nyinyir sehingga menyakiti hati fans lainnya. Bangga boleh, SOMBONG NO WAY !!!

Tolong jangan memberikan kesan bahwa VIP adalah fandom yang doyan perang dan doyan merendahkan idola lain. Terima kasih.

Source : Berbagai sumber 
Written by : Liliana Tan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Native Ads