Friday, July 28, 2017

(News) JJ Project ‘Verse 2’ Interview with 'The Star Magazine' August 2017 Issue



Masih seputar liputan mengenai JJ Project Comeback. Sebelumnya pernah diinformasikan bahwa JJ Project akan tampil dalam majalah The Star Magazine untuk edisi Agustus 2017. Wajah tampan kedua member JJ Project akan menghiasi sebanyak 12 halaman dari majalah tersebut. Dalam interview bersama staff redaksi The Star Magazine, diketahui bahwa Sang Leader – JB memang TIDAK SEDANG MENJALIN HUBUNGAN DENGAN GADIS MANAPUN alias TIDAK BERPACARAN DENGAN SIAPA PUN seperti rumor yang selama ini beredar di kalangan para fans. Rumor tentang JB memiliki seorang pacar ini mulai berhembus ketika 4-5 fanpage JB menutup akun mereka dalam waktu yang hampir bersamaan, gosip pun berhembus kencang jika salah satu penyebabnya adalah karena JB telah memiliki seorang kekasih. Ditambah lagi beberapa hari kemudian, Leader GOT7 ini tampak muncul di depan publik (lebih tepatnya di depan gedung agensi JYP Ent) seraya menelpon seseorang dengan tersenyum manis, dia terlihat bahagia, sehingga banyak fans berasumsi jika ekspresi kebahagiaan di wajah JB tersebut itu adalah karena dia sedang menelpon sang pacar.

Namun untunglah, semua ITU TIDAK BENAR ADANYA dan MURNI HANYA DUGAAN dan SPEKULASI dari FANS TANPA DISERTAI BUKTI YANG NYATA !!! JB pun menyangkalnya dalam interview kali ini, dan dia berkata, “Aku akan membuang jauh-jauh pikiran itu untuk sementara ini. Aku masih bisa berkencan NANTI !!!” Itulah sepenggal pengakuan JB kepada staf redaksi The Star Magazine. So, bagi yang penasaran ingin mengetahui lebih dalam lagi mengenai kedua member JJ Project, kalian dapat membaca ulasannya di bawah ini. Saya mengartikannya sendiri dengan susah payah, jadi tolong jangan meng-copy seenak jidat ya. Saya tidak tahu tapi Tuhan tahu loh ^_^ Jadi bagi yang meng-copy seenak jidat tanpa ijin dari penulis dan tanpa sertakan credit alias PLAGIAT, semoga Anda secepatnya dipanggil oleh Tuhan Yang Maha Esa, amin...

“(News) JJ Project ‘Verse 2’ Interview with 'The Star Magazine' August 2017 Issue”





“Voice Of Youth (Suara generasi muda)” 
Tema kali ini adalah "Voice Of Youth". Setelah 5 tahun penantian panjang, JB dan Jin Young GOT7 akhirnya kembali ke hadapan publik sebagai Sub Unit JJ Project. Selama 5 tahun vakum, sepasang anak muda ini telah bekerja dengan serius dan selalu berusaha melakukan yang terbaik, comeback kali ini pastilah akan menjadi moment yang paling ditunggu oleh para fans yang ingin melihat bagaimana sepasang remaja ini kemudian bertumbuh menjadi sepasang pribadi yang lebih dewasa.

Q1: Album kali ini adalah album untuk Sub Unit JJ Project, yang akhirnya dirilis setelah 5 tahun lamanya. Apa yang kalian rasakan saat ini? 
Jin Young : “Rasanya sudah lama sekali kami tidak melakukan segala sesuatu berdua (sebagai JJ Project), jadi rasanya seperti mengalami sesuatu yang baru namun di saat yang bersamaan, aku juga merasa seperti memikul beban yang berat. Setelah kami menyelesaikan promosi album terbaru GOT7, para member berbicara tentang bagaimana album kami berikutnya sangatlah penting, bagaimana konsep kami selanjutnya, sehingga kami dapat menunjukkan sisi yang lebih dewasa dalam bermusik. Tapi ternyata album yang berikutnya dirilis adalah album JJ Project. Itulah sebabnya kami berdua harus mampu mengisi kekosongan itu (hingga album terbaru GOT7 rilis) dan menjadikannya sebagai titik balik karir kami dan itulah yang membuatku sedikit khawatir apakah kami mampu memikul tanggung jawab ini dan melakukannya dengan baik.” 

JB : “Untuk mewujudkan semua itu, kami harus bekerja keras.”


Note : 
Jin Young merasa seperti memikul beban yang berat karena dia tahu bahwa dalam comeback kali ini, JJ Project harus melawan rival yang kuat seperti : EXO, SNSD, G-Friend bahkan debut Wanna One yang belum debut resmi aja sudah digandrungi anak muda -__- But that’s okay, Jin Young-ah. Just let it flow. Bagi Fans, melihat JJ Project comeback setelah 5 tahun berlalu sudah merupakan kebahagiaan Bukankah kalian pernah bilang bahwa kalian tidak pernah memikirkan tentang hasil, melainkan asalkan fans bahagia dan GOT7/JJP telah memberikan yang terbaik untuk fans dan fans merasa puas, maka kalian juga akan bahagia? Jadi tak perlu memikirkan menang atau kalah dalam comeback kali ini. 

Biarlah mereka yang menang bersorak. Pemenang sejati bukanlah mereka yang selalu menang, melainkan mereka yang tak pernah menyerah untuk terus berjuang dan berusaha memberikan yang terbaik walaupun selalu dipandang rendah.
 

Q2: Apa perbedaan album JJ Project sebelumnya dengan album JJ Project saat ini? Tolong jelaskan secara singkat! 
Jin Young : Album JJ Project kali ini jauh lebih tenang (calm) dibandingkan album JJ Project sebelumnya (Bounce) yang terdengar lebih riang. 
JB : Kalian mungkin akan dapat merasakan dalamnya perasaan yang disampaikan dalam lagu-lagu tersebut melalui dance dan liriknya. 

Jin Young : JJ Project yang telah tumbuh dewasa. Kalian mungkin akan menangis saat mendengarkan lagunya *tertawa* Karena kalian dapat merasakan perasaan yang tersampaikan di dalamnya. Lagu-lagu itu berbicara tentang kehidupan.

JB : Album kami bertitle “Verse 2” dan terdapat 8 buah lagu di dalamnya. Secara keseluruhan, perasaan yang ingin disampaikan dalam album tersebut adalah sebuah perasaan yang tenang namun penuh dengan harapan dan rasa optimis (untuk meraih sesuatu). Saat kalian mendengarkan lagu-lagu tersebut, kalian akan dapat merasakan perasaan seperti “Aku harus selalu berpikir positif bila ingin meraih impianku”. Kami mengisi album kami dengan lagu-lagu berlirik positif seperti itu.”


Q3 : Apa pesan yang ingin kalian sampaikan melalui album ini? 
JB : Aku berharap semua orang dapat merasakan perasaan yang kami sampaikan saat mendengarkan album kami. 
Jin Young : Title song (lagu utama) kami adalah “Tomorrow, Today”. Lagu itu menceritakan tentang kegalauan dan kebingungan yang dirasakan oleh generasi muda. Tentang bagaimana bingungnya generasi muda terhadap apa yang akan mereka lakukan di masa depan. Tentang bagaimana mereka akan menentukan apa yang akan mereka lakukan di hari esok bila mereka tak tahu apa yang harus mereka lakukan hari ini. Singkatnya, lagu ini menceritakan tentang kegalauan hati yang dirasakan oleh anak muda saat memikirkan apa yang harus mereka lakukan di masa depan.

Q4 : Apakah ada lagu yang kalian ciptakan sendiri? 
Jin Young : Kami berpartisipasi secara penuh dalam pembuatan album kali ini. 
JB : Ada banyak sekali lagu yang kami produksi sendiri. Sejauh ini, album ini adalah album di mana kami berdua paling banyak terlibat dalam pembuatannya.


Q5 : Tidak peduli sebaik apa pun kerja sama timmu, aku rasa, pasti ada saat-saat lucu yang terjadi selama proses pembuatan album, benarkan? Bisa tolong ceritakan sedikit tentang itu?  
Jin Young : Faktanya adalah semuanya berjalan lancar *tertawa* Biasanya ketika sedang menyiapkan sebuah album baru, ada perbedaan antara apa yang dipikirkan oleh para member dan apa yang dipikirkan oleh perusahaan, tapi kenyataannya untuk persiapan album kali ini semuanya berjalan lancar dan tak ada yang perlu diperdebatkan.

JB : Seperti photoshoot saat ini, berjalan lancar *tertawa*  
Jin Young : Saat melakukan syuting untuk MV pun rasanya sangat menyenangkan. Ini untuk pertama kalinya, tak ada dance dalam MV.
 
* BIG SPOILER = NO DANCE on “TOMORROW, TODAY” MV


JB : Yup. Kami tidak menari. Ini adalah sesuatu yang fresh karena ini sangat berbeda dari sebelumnya. Kami hanya berjalan di sepanjang jalan yang sepi layaknya syuting sebuah film dan sutradara mengambil gambar secara alami. Bahkan saat sedang syuting MV, kami merasa seperti sedang berlibur.

Jin Young : Ini sangat berbeda dengan MV kami sebelumnya. Kami membuat MV dengan cara baru. Bagi kami, ini seperti sebuah pengalaman yang menyenangkan.

Q6 : Selain Sub Unit JJ Project (JB dan Jin Young), jika seandainya dibuat unit lain dari GOT7, dengan siapa kalian ingin melakukannya? 
Jin Young : Bila aku membentuk Sub Unit bersama Yugyeom dan Bambam, kami mungkin akan memiliki irama musik yang kuat. Atau mungkin seperti saat konser : Aku dan Mark Hyung, JB Hyung dan Young Jae, lalu Jackson bersama Bambam dan Yugyeom. Seperti ini, 3 unit yang baru.
 

Note : 
Jin Young pengkhianat nih, dulu ngomongnya cuma mau bikin unit sama JB doang, kenapa sekarang ganti pengen sama Mark, Bambam dan Yugyeom? Tapi gpplah, menyampaikan pendapat dan berandai-andai bukan masalah besar. Toh yang penting sekarang, yang terealisasi adalah JJ PROJECT alias JB dan Jin Young, bukan unit-unit yang lain. Satu aja comebacknya lama, apalagi mau bikin unit baru -__-

JB : Itu ide yang bagus. 
JY : Ketiga Sub Unit memiliki style yang berbeda-beda jadi kupikir itu akan menyenangkan. 
JB : Mungkin bisa jadi aku dan Bambam. Kami menyukai genre musik yang sama, jadi kupikir mungkin bagus jika kami membuat unit bersama.


Q7 : Apa perbedaan antara promosi bersama GOT7 dengan JJ Project? 
Jin Young : Fakta bahwa 2 orang melakukan apa yang seharunya dilakukan oleh 7 orang, tentu saja waktu untuk melakukan persiapan jauh lebih singkat *tertawa*

JB : Lalu fakta bahwa peran Dancer Hyung jauh lebih besar dibandingkan GOT7. Karena JJ Project hanya punya 2 member jadi para dancer harus bekerja lebih keras. Dari semua member GOT7, Jin Young dan aku adalah orang yang tidak banyak bicara, karena dua orang yang pendiam dalam grup bersama-sama, tanpa disadari suasana mendadak berubah menjadi serius. Bahkan walau kami berdua kadang juga saling bercanda, namun beberapa menit kemudian kami kembali terdiam. Itulah sebabnya ketika GOT7 berkumpul bersama, suasana akan menjadi lebih ramai karena member yang lain jauh lebih aktif.

Q8 : GOT7 sangat terkenal di luar negeri seperti Thailand, Vietnam etc, apakah ada kesulitan yang kalian rasakan saat melakukan promosi di luar negeri dibandingkan melakukan promosi di Korea? 
JB : Hahaha...benarkah? (maksudnya JB adalah dia gak percaya mereka terkenal). Ke manapun kami melakukan promosi, sebisa mungkin kami menggunakan bahasa yang digunakan di negara tersebut. Karena terlalu banyak menggunakan bahasa asing, kadang-kadang aku merasa bingung. Contohnya saat sedang melakukan promosi di China, aku membuat kesalahan dengan bicara dalam bahasa Jepang *tertawa*


Q9 : Apa yang akan kalian lakukan untuk menarik perhatian fans internasional? 
Jin Young : Mereka suka saat kami berkomunikasi menggunakan bahasa korea, tapi mereka lebih menyukai saat kami menggunakan bahasa yang mereka gunakan. Kemudian mereka berpikir bahwa itu adalah komunikasi yang sesungguhnya. Ada sebuah perbedaan yang sangat besar saat kami berbicara dalam bahasa mereka dan saat kami tidak menggunakan bahasa yang mereka gunakan.

JB : Aku percaya bahwa komunikasi yang baik akan terjalin bila kami mempelajari bahasa mereka. Memang itu sangat sulit namun kami akan menunjukkan bahwa kami akan bekerja keras untuk mempelajarinya.

Q10 : Saat kalian melihat kembali ke belakang tentang karir GOT7 selama ini, apakah menurutmu semuanya sudah seperti yang kalian inginkan? 
Jin Young : Kami telah melalui berbagai macam rintangan dan melakukan banyak kesalahan di masa lalu, Aku rasa sekarang kami telah telah lebih stabil dan telah menemukan konsep dan warna musik kami.

JB : Aku menyukai segalanya mulai ‘Just Right’ hingga ‘If You Do’, tapi di satu sisi aku merasa kami masih belum menemukan jalan kami. Tapi saat kami memulai rangkaian ‘Flight Log’ Series, kurasa kami mulai menemukan jalan kami. Kami sepertinya telah menemukan warna musik kami sendiri. Aku ingin memberikan sedikit perubahan baru dalam album kami selanjutnya.


Q11 : JB dan Jin Young, kalian berdua telah bekerja keras untuk akting, apakah ada rencana untuk aktng kalian berikutnya? 
JB : Untuk sementara, aku masih belum tahu. Untuk sekarang, aku hanya ingin berfokus pada musik. Ketika waktu berlalu dan aku sudah mulai merasakan perasaan, “Rasanya sudah saatnya mencoba sesuatu yang baru,” kupikir itulah saat yang tepat bagiku untuk mulai berakting lagi.

Jin Young : Sekarang aku sedang syuting untuk web drama, dan untuk yang lebih jauh mengenai hal tersebut, aku akan memikirkanya perlahan-lahan. Bicara tentang genre, aku tak pernah memilih genre apa pun, aku ingin mencoba semuanya.

Q12 : Walaupun sekarang, kalian sedang disibukkan dengan berbagai pekerjaan, namun jika keadaan memungkinkan, apakah kalian akan memikirkan untuk mulai berkencan? 
JB : Akan ada saatnya di mana aku ingin berkencan. 
Jin Young : Kami akan berbohong jika kami berkata kami tak pernah memikirkannya *tertawa* 
JB : Bagaimanapun juga, bila aku pacaran, aku pasti akan lebih mementingkan pekerjaanku daripada kekasihku, hal tersebut pastinya akan menyakiti gadis yang nantinya akan berkencan denganku. Jadi kupikir lebih baik aku membuang jauh-jauh pikiran itu untuk saat ini.


NOTE : 
Anggap saja ini adalah bentuk bantahan JB tentang gosip dia memiliki hubungan dengan seorang gadis alias pacaran. NGGAK KOK! JB MASIH SINGLE !!! BELUM PUNYA PACAR dan ITU HANYA GOSIP BELAKA !!! See !!! Dia bilang dia harus membuang jauh-jauh pikiran untuk punya pacar karena sekarang yang paling penting adalah pekerjaan ^_^

Jin Young : Kalimatmu sangat keren. 
JB : Walaupun aku berpikir aku akan menyesali ini nanti, tapi aku merasa ini adalah keputusan yang bijaksana. Aku masih bisa berkencan NANTI.


NOTE : 
Mari kita bersorak, JB bias, JB said “Aku masih bisa berkencan NANTI.” Kata “Nanti” di sini berarti BUKAN SAAT INI !!! Dengan kata lain, JB sekarang masih jomblo dan gosip pacaran tersebut sama sekali TIDAK BENAR !!! Waktu itu JB tersenyum manis dan terlihat bahagia mungkin karena dia sedang menelpon mamanya, kita semua tahu kalau JB adalah anak tunggal jadi wajar kalau JB sangat manja pada mamanya, kan? Be Positif !!! Gosip yang mengatakan kalau 4 fanpage JB tutup karena JB diduga punya pacar itu TIDAK BENAR !!! TUTUPNYA BENAR tapi PACARANNYA SALAH !!!

Jin Young : Kurasa kata-kata Jaebum Hyung sangat keren dan bukan sesuatu yang egois, karena dia tahu mana yang lebih penting untuk saat ini, jadi wajar jika berpikir seperti itu.

Q13 : Apa kalian akan memberikan penilaian atas akting satu sama lain? 
JB : Sebelumnya, saat kami bermain dalam satu drama bersama, kami sering melakukannya. 
Jin Young : Saat itu aku merasa aktingku sudah bagus *tertawa* Tapi seiring waktu berlalu, saat aku kembali melihat aktingku, aku menyadari aku masih memiliki banyak kekurangan. 
JB : Karena saat itu waktu yang kami miliki untuk belajar akting sangat terbatas, aku seperti kehilangan arah. 
Jin Young : Kau cukup mengikuti arahan sutradara *tertawa* 
JB : Aku mencoba meminta saran dari aktor senior dan belajar dari mereka. Tapi tetap saja aku merasa aku masih harus banyak belajar.

  

Q14 : Apa ada bidang lain yang ingin kalian coba selain dari musik dan akting? 
JB : Hobiku adalah fotografi. Bila aku memiliki kesempatan, aku ingin mempelajarinya lebih dalam lagi. Aku juga sangat tertarik dengan seni, aku jadi aku ingin mempelajarinya, hanya saja aku tidak pandai menggambar *tertawa* 
Jin Young : Bagaimana dengan modern art? 
JB : Oh, kalau begitu aku akan mencoba mengedit video (video art), setelah mempelajari tentang film.

Jin Young : Karena aku tidak pernah memikirkan hal yang lain, jadi aku masih belum tahu. Jika bicara tentang hobi, aku sangat suka memancing dan mendaki gunung, khususnya mendaki gunung. Udaranya sangat sejuk, itu sebabnya aku suka mendaki gunung. Kadang aku pergi ke Bukhansan, mendaki gunung sekaligus menjernihkan pikiran, aku rasa itu sangat bagus.


Q15 : “YOLO” sangat populer belakangan ini, jika kalian memiliki uang dan waktu saat ini, apa yang akan kalian lakukan? 
(Gak tahu “YOLO” tuh apaa, mungkin singkatan dari “You Only Live Once” alias “Kita hanya hidup sekali”, jadi karena hidup hanya sekali, jika JJ Project memiliki uang dan waktu luang, apa yang akan mereka lakukan?) 

Jin Young : Aku akan mengirimkan uang itu setengah untuk keluargaku dan aku akan pergi liburan dengan setengah uangku yang lain. 

JB : Aku tidak tahu. Ada banyak hal yang ingin kulakukan jadi aku tidak tahu mana yang akan kulakukan lebih dulu. Bila aku memiliki banyak waktu luang, mungkin aku akan pergi backpacking, atau berjalan-jalan seorang diri mengendarai skooter matic atau mungkin berjalan-jalan ke luar negeri dengan uang itu. Kurasa itu akan sangat menyenangkan.


Q16 : Apakah (siapakah) yang akan kau pikirkan saat kau mengalami masa-masa sulit? 
JB : Yang akan muncul dalam pikiranku saat aku mengalami masa-masa sulit adalah alkohol. Hahaha...Aku hanya bercanda ^_^ (Untunglah hanya bercanda). Sebenarnya aku tak pernah memikirkan apa-apa (siapa pun). Jika aku memiliki masalah yang sulit, aku akan memilih untuk cepat tidur, bahkan walaupun aku tak ingin tidur. Aku adalah type orang yang lebih suka memilih tidur atau menghabiskan waktu dengan banyak tidur bila sedang memiliki masalah.

Jin Young : Aku memikirkan teman-teman dan keluargaku. Hanya memikirkan fakta bahwa mereka ada di sisiku, itu sudah cukup memberiku kekuatan. 
JB :  Aku juga setuju dengan itu, teman dan keluarga. 
Jin Young : Saat aku merasa aku telah kehilangan segalanya, hanya dengan memikirkan, “setidaknya aku masih memiliki teman-teman dan keluarga”, itu sudah cukup membuatku tenang.

 

Q17 : Jika seandainya kau berkencan, hubungan seperti apa yang kau inginkan? 
JB : Hubungan yang bebas (Free Relationship). Untuk tidak mencampuri pekerjaan masing-masing dan untuk saling mengerti satu sama lain. Aku ingin hubungan yang seperti itu. 
Jin Young : Aku menginginkan seseorang yang nyaman berada di sisiku seperti layaknya seorang teman. Karena aku berpikir jika hubungan itu membuatmu stress, maka itu bukanlah sebuah hubungan.


Q18 : Baiklah, untuk mencairkan suasana, apa arti topi kupluk (bucket hat) itu bagi JB? 
JB : Untuk sekarang, topi itu adalah sesuatu yang sangat penting untukku. Memakai ball cap (gak tahu ball cap itu topi yang bentuknya kayak gimana), tidak bisa menutupi wajahku. Saat aku berada di tempat yang ramai seperti airport, aku masih merasa malu dan canggung saat ada orang yang mengambil fotoku. Jadi untuk menutupi semua itu, aku memilih memakai topi kupluk (bucket hat).


Jin Young : Bagaimana jika memakai payung? Apakah aku harus membelikan satu untukmu? 
JB : Tidak perlu, tidak perlu hahaha ^_^ Topi kupluk (bucket hat) lebih mudah dan dapat menutupi seluruh wajahku. Aku sudah memakai topi kupluk sejak masih muda, aku bahkan memakainya saat aku masih berlatih b-boying.

Source : The Star Magazine 
Indonesia Translation by : Liliana Tan
Written By : Liliana Tan 
NOTE : DILARANG MENG-COPY PASTE TANPA IJIN DARI PENULIS !!! REPOST WITH FULL CREDITS !!!

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.