Thursday, July 13, 2017

(News) Perjalanan Karir JJ Project Hingga Debut Kembali bersama GOT7



Sambil menanti kepastian dari JYP Entertainment tentang kabar mengenai comebacknya duo legendaris - JJ Project, penulis ingin berbagi sedikit mengenai perjalanan karir dua pemuda ganteng JJ Project hingga debut kembali bersama GOT7, yang berhasil penulis kutip dari berbagai sumber (mayoritas berita luar negeri sih) dan alasan di balik kenapa JYP Entertainment “berhenti” mempromosikan mereka dan kembali mendebutkan mereka di bawah nama GOT7. Bagi yang mengikuti sepak terjang JJ Project jauh sebelum GOT7 terbentuk mungkin sudah mengetahui tentang hal ini, namun bagi para fans yang baru mengenal atau mengetahui tentang JJ Project belakangan ini saat JYP memutuskan untuk membawa kembali duo JJ Project dan resmi menjadikan mereka sebagai Sub Unit GOT7, tentu takkan mengetahui perjalanan karir mereka sebelum bergabung bersama GOT7. Jadi, mari kita bersama sejenak mengenang kembali masa lalu bersama duo ganteng dari JYP ini, JJ Project.

“(News) Perjalanan Karir JJ Project Hingga Debut Kembali bersama GOT7”






Kilas Balik Perjalanan Karir JJ Project (2012-2013) hingga Debut Kembali bersama GOT7 di tahun 2014 : 
Awal Pembentukan duo grup JJ Project : 
1. CEO JYP melihat banyak sekali potensi bakat yang dimiliki JB dan Jin Young. Menurut informasi, JB bahkan memiliki kepribadian yang sangat disukai oleh Park Jin Young PD-nim (CEO JYP).

2. Setelah kesuksesan serial drama musikal “Dream High 1” di tahun 2010, CEO JYP memutuskan untuk membuat sekuelnya pada tahun 2012 yang diberi judul “Dream High 2” dan memutuskan untuk mendebutkan JB dan Jin Young sebagai aktor.

JJ Project dalam "Dream High 2" :





JYP berpikir bahwa JB dan Jin Young telah layak untuk debut, namun saat itu, JYP Entertainment masih belum siap untuk mendebutkan boygroup yang lain, khususnya karena tahun 2011 adalah tahun keberuntungan dan keemasan untuk semua group yang berada di bawah naungan JYP Entertainment. Itu sebabnya JYP memutuskan untuk melibatkan JB dan Jin Young dalam proyek serial drama musikal terbaru produksi JYP Entertainment berjudul “Dream High 2” dan mempercayakan peran utama pria kepada JB.

JB as Jang Woo Jae (JB) :




3. Setelah menyelesaikan syuting “Dream High 2” berakhir, JYP berpikir bahwa tidak mungkin mengembalikan JB dan Jin Young menjadi trainee, jadi kemudian CEO JYP memutuskan untuk mendebutkan JB dan Jin Young sebagai sebuah duo grup dengan nama “JJ Project” pada Mei 2012 dengan single debut berjudul “Bounce”. Pada saat itu, mendebutkan duo grup adalah sebuah ide yang bagus untuk Agensi, karena ada banyak duo grup yang meraih sukses dan merajai top chart musik di Korea.



4. Sesuai prediksi, JJ Project debut dengan hasil yang sangat memuaskan pada Mei 2012. JJ Project sukses meraih perhatian publik, terlebih lagi dengan paras JB dan Jin Young yang tampan, masih muda dan energik. Dengan sangat mudah, mereka dapat menyita perhatian publik khususnya media. JJ Project pun mendapatkan hasil yang memuaskan dalam berbagai chart musik di Korea.


Rumor dan Komentar Nyinyir yang dihembuskan para Haters : 
Sebagai layaknya idola yang sedang naik daun, tentu penampilan JJ Project saat itu sangat menyita perhatian publik. Namun dengan semakin naiknya popularitas mereka dan dengan semakin meningkatnya jumlah para fans, tentu para haters pun mulai berdatangan. Sesuai kata pepatah, “Semakin tinggi pohon, semakin kencang angin menghembusnya.” JJ Project mulai dihembus gosip yang tidak sedap.

1. JB dan Jin Young sama-sama lolos audisi JYP Entertainment pada tahun 2009 lalu dan sama-sama menjadi Juara 1. Sejak itu, JB dan Jin Young memulai masa training mereka bersama-sama. Melewati tahun demi tahun bersama, tentu wajar saja mereka perlahan menjadi akrab. Berawal dari sesama orang asing hingga menjadi sangat dekat layaknya seorang saudara, apalagi mengingat JB adalah seorang anak tunggal yang tidak pernah memiliki saudara.





Kedekatan dan keakraban JB dan Jin Young sangat terlihat, mereka selalu bersikap saling perhatian terhadap satu sama lain, terlihat benar-benar akrab seperti sepasang saudara dan hal tersebut terlihat jelas di layar kaca, khususnya setelah JJ Project membintangi acara reality show “JJ Project MTV Diary” yang masa syutingnya berlangsung cukup lama. Dalam acara tersebut diperlihatkan kedekatan JB dan Jin Young, yang di mata sebagian orang tampak sangat “mesra” karena keduanya terlihat terlalu dekat satu sama lain.

 
 
Dengan kata lain, para fans pecinta LGBT melihat kedekatan dan keakraban JB dan Jin Young dengan kacamata yang salah, mereka berharap hubungan JB dan Jin Young lebih dari sekedar teman ataupun saudara, melainkan ngarepnya jadi pasangan gay *tepok jidat* (Sampai sekarang aja yang masih ngeshipperin JJP dan ngarep JB dan Jin Young pacaran. Anda waras?)
 
JYP sedikit merasa “takut” jika Netizen Korea akan salah paham dengan hubungan JB dan Jin Young. Mereka bukan homo dan mereka juga bukan penyuka sesama jenis, namun karena tidak ada member lain bersama mereka dan hanya mereka berdua saat itu jadi hubungan JB dan Jin Young tampak tak lazin di mata sebagian Netizen Korea (khususnya pecinta LGBT atau Fujoshi). 


Note : Mungkin ini sebabnya saat JB tampil dalam acara reality show “Celebrity Bromance” bersama Young Jae BAP, JB tampak tak nyaman berjalan-jalan dan makan berdua hanya dengan Young Jae seorang. JB bahkan dengan terang-terangan berkata bahwa dia takut orang lain akan mengira mereka homo karena dua orang pria dewasa makan bersama. Hal ini mungkin karena JB teringat dengan pendapat negatif Netizen Korea yang pernah salah paham mengenai kedekatannya dengan Jin Young saat JB dan Jin Young masih tergabung dalam JJ Project.


2. Untuk menghapus image negatif yang diberikan Netizen Korea kepada JJ Project, JYP akhirnya memutuskan untuk melibatkan JB dalam acara reality show tvN yang berjudul “The Romance & Idol” bersama Mir dan Jun.K di mana umumnya program ini telah membuat banyak idol pria menjadi dibenci oleh publik, karena mereka harus berpura-pura “berpacaran” dengan seorang wanita.

Acara ini sekilas mirip dengan “We Got Married” yang berpura-pura menikah, bedanya ini hanya pura-pura pacaran. JB harus beradegan mesra, seperti : bergandengan tangan, mengelus rambut pasangannya, bahkan juga memeluk gadis yang menjadi lawan mainnya, dsb yang membuat banyak fans wanita menjadi cemburu dan membuatnya tidak disukai (acaranya bikin jealous fans cewek, gitu). JB pun mendapat banyak komentar pedas, negatif dan nyinyir dari Netizen Korea. Banyak dari mereka mengatai JB sebagai “bad guy”.


Note : 
Ini sebenarnya Netizen Korea maunya apa sih? Gini salah, gitu salah. Deket dan akrab sama Jin Young, dibilang homo, sekarang diikutin acara reality show pura-pura pacaran yang ada ceweknya, dibilang “bad guy” dan dibenci juga. Terus JB kudu eottoke? Untung aja JB gak gantung diri karena stress *puk puk puk JB*

3. Reality show tersebut spontan membuat JB dan Jin Young jarang bertemu dalam sebuah acara atau tampil dalam acara publik bersama. Rumor negatif lain berhembus bahwa hubungan JB dan Jin Young mulai merenggang, hanya karena publik jarang melihat JJ Project tampil bersama. Bahkan ada Netizen Korea yang berkomentar jahat dengan mengatakan bahwa JB memiliki temperamen yang buruk, pemarah, terlalu dingin dan sering memarahi Jin Young.

Note : Buktinya mana? Asal nuduh aja nih? Kasihan banget nih JJ Project, baru debut uda dinyinyirin. Wooiii, K-Netz nih maunya apa sih? Terlihat dekat dan akrab satu sama lain dikatain homo/gay, sekarang gak ada acara tampil bareng di depan publik, dituduh hubungan mereka merenggang karena JB-nya pemarah. Duh, “kau selalu benar (K-Netz) dan aku selalu salah (JJ Project), di matamu (K-Netz), aku (JJ Project) tak pernah benar.” Pas banget kan kayak lirik lagunya GOT7 – If You Do?


4. Di pertengahan akhir tahun 2012, saat JJ Project seharusnya dijadwalkan comeback, JYP akhirnya memutuskan untuk menunda rencana comeback tersebut, dan alih-alih comeback, JJP hanya kembali diminta fokus berlatih untuk JYP Nation.

5. Setelah JYP Nation berakhir, JYP lebih memilih untuk melibatkan JJ Project dalam sebuah serial drama populer produksi MBC yang berjudul “When A Man Loves” atau yang dikenal di Indonesia dengan nama “Pengorbanan Cinta.” Hal ini dimaksudkan agar JJ Project terlihat kembali tampil bersama di layar kaca untuk meredam gosip negatif yang mengatakan hubungan JB dan Jin Young merenggang.

 JJ Project dalam "When A Man Loves" aka "Pengorbanan Cinta"

6. Setelah syuting drama “When A Man Loves” berakhir, komentar nyinyir dari para haters ternyata masih belum reda, apalagi JJ Project semakin disukai publik karena akting mereka yang dinilai mengalami peningkatan. Semakin populer tentu saja semakin banyak orang yang sirik.


Alasan JYP “berhenti” mempromosikan JJ Project dan kembali mendebutkan JJ Project di bawah nama GOT7 : 
1. Gosip negatif dan komentar nyinyir yang tak kunjung reda, yang selalu menempatkan JJ Project dalam situasi yang serba salah. Terlalu dekat dan akrab dituduh homo/gay, tidak tampil bersama di hadapan publik untuk sementara waktu dituduh hubungan kedua member merenggang karena JB terlalu temperamen dan membuat mereka bertengkar (yang mana ini adalah TIDAK BENAR !!!), akhirnya membuat JYP berpikir bahwa duo grup memang kurang tepat untuk mereka dan lebih aman jika JJ Project bergabung menjadi sebuah boygrup dengan jumlah member yang lebih banyak agar tak ada lagi gosip tak mengenakkan di kemudian hari.


Note : Sejak awal sudah dijelaskan bahwa JB memiliki kepribadian yang disukai oleh CEO JYP, jadi mana mungkin logikanya seseorang akan menyukai orang lain yang memiliki sifat temperamental alias pemarah? Gosip tersebut SENGAJA DIHEMBUSKAN oleh Haters yang tidak menyukai JJ Project dan ingin menjatuhkan mereka sejak awal.

Walaupun member GOT7 pun pernah mengatakan bahwa JB akan sangat menakutkan bila sedang marah dan dulu dia juga sedikit pemarah namun sekarang sudah berubah, tapi istilah “TEMPERAMENTAL” SANGAT TIDAK TEPAT mengingat JB saat itu masih sangat muda dan belum dewasa, sebagai seorang ABG tentu saja jiwa JB dan Jin Young pun masih sangat labil ketika itu.


Lagipula, penulis tidak mengetahui apakah benar JB dan Jin Young pernah bertengkar di masa lalu. Namun walaupun mereka pernah bertengkar, namun hal tersebut pastilah bukan sebuah pertengkaran yang besar. Buktinya sampai sekarang mereka baik-baik aja, kan? Bahkan saudara kandung pun pernah bertengkar, kan? Jadi itu bukanlah sesuatu yang harus dibesar-besarkan.

Jin Young pun pernah berkata bahwa dia tidak mau membuat Sub Unit lain jika tidak bersama JB. Mereka tuh saudara, apanya yang JB temperamental? Apanya yang sering bertengkar?

Bukankah member GOT7 pun masih sering bertengkar hingga sekarang? Ditambah lagi, dengan member GOT7 yang begitu “nakal”, dengan duo maknae yang evilnya minta ampun, wajar saja bila JB sebagai Leader kadang kesal dan marah menghadapi membernya yang tak mau menurut. Namun tak adil rasanya bila hanya melimpahkan kesalahan pada JB seorang dan menuduhnya sebagai seseorang yang temperamental. Itu adalah TUDUHAN YANG TIDAK BERALASAN !!!

 Apanya yang JB temperamental? Apanya yang sering bertengkar? Tuh buktinya mereka berdua sampai sekarang masih sering keluar bareng berdua. Belajar di Starbuck aja cuma berdua. Jin Young pun pernah bilang bahwa JB adalah member yang paling dekat dengannya. Nyinyir aja loe, Haters >__< Nyinyir tanpa bukti pula...

2. Pada tahun 2013 silam, tak lama setelah menyelesaikan syuting “When A Man Loves”, melalui twitter official mereka, JYP Entertainment menyebutkan bahwa JJ Project akan segera kembali, tapi kemudian tidak ada lagi berita lebih lanjut mengenai rencana comeback tersebut hingga akhirnya 2 member JJ Project kembali debut di bawah nama GOT7.



3. Rencana comeback JJ Project pada tahun 2013 silam yang tak sempat terealisasi mungkin dikarenakan oleh banyak faktor. Saat itu terdengar rumor JYP ingin mendebutkan sebuah Boygrup baru. Rumor tersebut berhembus karena JYP merasa bahwa masa depan 2PM sedikit tidak aman setelah skandal yang dibuat Leader 2PM, Jay Park.


Suzy Miss A pun mendapatkan tawaran menjadi aktris utama untuk serial drama “Gu Family Book” jadi Miss A tidak bisa melakukan promosi alias comeback untuk sementara waktu. Grup JYP yang lain yaitu 2Am juga masih berada di bawah naungan Big Hit Entertainment sementara Wonder Girls harus hiatus karena salah satu member Wonder Girl yaitu Sunye menikah. Dan 15& juga tidak bisa menjadi harapan alias tak bisa diandalkan untuk memberi keuntungan bagi perusahan mengingat para membernya masih terlalu muda.

JYP tidak ingin membuang bakat JB dan Jin Young jadi akhirnya memutuskan untuk MENJADIKAN JJ PROJECT SEBAGAI PILAR UNTUK BOYGROUP JYP YANG BARU dan membatalkan rencana comeback JJ Project seperti yang sebelumnya mereka rencanakan. JYP berpikir bahwa duo grup memang kurang tepat untuk mereka dan lebih aman jika JJ Project bergabung menjadi sebuah boygrup dengan jumlah member yang lebih banyak agar tak ada lagi gosip tak mengenakkan di kemudian hari.


4. Rumor menyebutkan bahwa saat itu JYP telah memilih beberapa nama kandidat untuk mendampingi JJ Project debut sekali lagi dengan menggunakan nama baru. Enam member yang telah pasti terpilih adalah : JJP (JB dan Jin Young), International member (Mark dan Jackson), Young Jae dan Giant Maknae – Yugyeom. Sementara 1 member tersisa seharusnya juga sudah terpilih yaitu Bambam, namun karena saat itu Bambam masih terlihat sangat imut-imut (baby face) dan memiliki tubuh yang paling mungil (pendek) di antara kandidat member yang lain, jadi JYP sempat berpikir untuk mengganti Bambam dengan yang lain yang akan dipilih dari hasil kompetisi melawan trainee YG Ent.

Emang sih, Bambam keliatan masih imut-imut banget saat pertama kali debut bersama GOT7. Cute cute ^.^ Tante rasanya pengen banget deh nyium nih keponakan satu hihihi ^.^

5. Saat itu, JYP awalnya ingin melibatkan JJ Project (JB dan Jin Young) untuk bertanding adu kemampuan melawan para trainee dari YG Entertainment bersama Mark dan Jackson dalam acara reality show berjudul “Who Is Next?” alias WIN pada September 2013. WIN adalah sebuah reality show yang menunjukkan adu kemampuan antara para trainee dari JYP Entertainment dengan para trainee dari YG Entertainment. Hal ini karena Yugyeom dan Bambam dirasa masih terlalu muda.

Note : Hal tersebut memang rasanya cukup aneh, mengingat JJP bukan lagi berstatus sebagai trainee melainkan telah debut lebih dahulu sebagai artis pada tahun 2012 sementara WIN adalah reality show yang mempertemukan para trainee.

Namun kemudian, setelah memikirkan kembali masak-masak, JYPE membatalkan rencana keterlibatan JJP (JB dan Jin Young) dan menggantikan posisi mereka dengan Bambam dan Yugyeom, sekaligus memberi kesempatan terakhir pada Bambam untuk membuktikan kemampuannya.


Note : Nah ini baru benar. JJP kan emank uda bukan trainee lagi, masa yang uda debut duluan jadi artis disuruh melawan trainee yang belum tentu debut? Payah ih, JYP >__< Trainee ya lawan trainee dong...

Akhirnya setelah penampilan Bambam mendapatkan pujian dari CEO YG Entertainment, barulah kemudian Park Jin Young menyadari jika Bambam sebenarnya memiliki potensi menjadi seorang artis dan akhirnya memutuskan untuk mengembalikan Bambam ke dalam rencana awal untuk mendebutkannya menjadi salah satu member GOT7, bersama JJ Project (JB dan Jin Young), international member (Mark dan Jackson), Young Jae dan Giant Maknae – Yugyeom.

6. Akhirnya setelah semua member terpilih, kedua member JJ Project yaitu JB dan Jin Young kembali debut dengan menggunakan nama baru yaitu GOT7, dengan JB tetap sebagai Leader dari grup, jika dulu JB adalah Leader JJ Project, sekarang menjadi Leader dari GOT7. GOT7 pun akhirnya resmi debut pada bulan Januari 2014.




@@@@@@@

Well, inilah fakta-fakta JJ Project serta perjalanan karir mereka dimulai sejak debut sebagai aktor dalam drama “Dream High 2”, lalu debut sebagai duo grup “JJ Project” dengan single utama “Bounce”, kemudian tampil dalam reality show tvN “The Romance and Idols” yang membuat JB sempat dibenci (atau lebih tepat dicemburui oleh Fans), hingga membintangi serial drama populer MBC “When A Man Loves” atau yang di Indonesia dikenal dengan “Pengorbanan Cinta”. Berlanjut dengan rencana comeback JJ Project yang tak pernah terealisasi di tahun 2013 karena berbagai gosip tak sedap, hingga debut kembali sebagai member dari Boygroup Baru JYP Entertainment yaitu GOT7.


 
Sejak debut di tahun 2012, JJ Project telah melalui jalan yang sangat terjal dan penuh dengan tikungan tajam. Mulai dari digosipkan homo/gay karena terlalu dekat atau akrab satu sama lain, lalu kemudian berbalik digosipkan merenggang hanya karena tidak tampil bersama selama beberapa waktu di hadapan publik dikarenakan JB sibuk syuting “The Romance and Idols”, hingga goisp yang mengatakan bahwa JB adalah orang yang temperamental yang membuat kedua member selalu bertengkar, yang mana itu semua TIDAK BENAR ADANYA. Komentar bernada nyinyir itulah yang akhirnya membuat JYP memutuskan untuk kembali mendebutkan JJP dalam grup dengan jumlah member yang lebih banyak agar tidak menimbulkan kesalahpahaman di kemudian hari.


Kini, setelah 5 tahun berlalu, akhirnya JYP Entertainment mengeluarkan pernyataan akan membawa kembali JJ Project ke hadapan publik dan resmi menjadikan JJ Project sebagai Sub Unit GOT7. Semoga saja kali ini, JYP benar-benar menepati janji mereka untuk membawa JJ Project kembali dan tak hanya sekedar isapan jempol belaka seperti yang pernah mereka lakukan di tahun 2013 lalu. Setelah membuat fans menunggu lama dalam ketidak pastian, ternyata janji untuk membawa JJ Project comeback tak pernah teralisasi hingga saat ini.


Semoga saja beberapa hari lagi para fans dapat mendengar kabar gembira dari JYP Entertainment mengenai tanggal resmi dirilisnya album baru JJ Project yang sudah lama dinantikan oleh para fans. Karena saat artikel ini ditulis, JYP Entertainment masih belum memberikan pernyataan resmi tentang tanggal pasti JJ Project comeback. Dan semoga saja kali ini, tak ada pembatalan secara sepihak tanpa konfirmasi lebih lanjut seperti yang pernah JYP lakukan di tahun 2013 lalu, amin.

Source : dilansir dari berbagai sumber artikel berbahasa inggris dan korea. 
Written by : Liliana Tan 
NOTE : DILARANG MENG-COPY PASTE TANPA IJIN DARI PENULIS !!! COPAS WITH FULL CREDITS !!! Tidak mudah mencari informasi, apalagi dengan menggunakan artikel berbahasa asli dan merangkumnya dengan bahasa saya sendiri, jadi tolong hargailah dengan TIDAK MENG-COPAS artikel orang lain. Terima kasih ^.^

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.