Thursday, August 24, 2017

(News) JJ Project Comeback Sukses membuktikan KUALITAS dan BAKAT JB dan Jin Young sebagai seorang Pencipta Lagu



JJ Project comeback SUKSES membuktikan KUALITAS dan BAKAT JB dan Jin Young sebagai seorang Pencipta Lagu, karena dalam Mini Album “Verse 2” yang terdiri dari 8 buah lagu yang menawan dan sarat akan makna yang dalam ini, kedua member JJ Project terlibat penuh dalam pembuatan album secara keseluruhan. JB dan Jin Young sendiri yang memproduksi alias menciptakan lagu dan menuliskan liriknya. JB dan Jin Young sukses membuktikan KUALITAS mereka sebagai seorang Komposer dan Penulis Lagu yang berbakat, karena semua lagu yang mereka ciptakan memiliki lirik yang menyentuh hati, yang berbicara tentang bagaimana seseorang tak boleh menyerah dalam meraih sebuah mimpi. Juga tentang kegalauan dan kecemasan yang dirasakan oleh para generasi muda pada umumnya yang tak tahu jalan mana yang harus mereka ambil untuk masa depan mereka. Menyentuh, berbobot, dan penuh dengan pesan moral yang positif, membuktikan KUALITAS seorang JB dan Jin Young dalam menciptakan sebuah lagu.

Ada kalanya sesuatu di dunia ini tak hanya diukur oleh apa yang dapat dilihat oleh mata telanjang. SAAT SEBUAH KESUKSESAN TAK HANYA DIUKUR BERDASARKAN APA YANG DAPAT DILIHAT OLEH MATA TELANJANG... Lalu apalagi dong standar kesukesan seorang artis itu? Mari kita bahas sekali lagi...

“(News) JJ Project Comeback Sukses membuktikan KUALITAS dan BAKAT JB dan Jin Young sebagai seorang Pencipta Lagu”





JJ Project yang resmi merilis Mini Album terbaru mereka “Verse 2” pada tanggal 31 Juli 2017 lalu tak lama lagi akan segera mengakhiri masa promosi mereka. JJ Project comeback SUKSES membuktikan KUALITAS dan BAKAT JB dan Jin Young sebagai seorang Pencipta Lagu, karena dalam Mini Album “Verse 2” yang terdiri dari 8 buah lagu yang menawan dan sarat akan makna yang dalam ini, kedua member JJ Project terlibat penuh dalam pembuatan album secara keseluruhan. JB dan Jin Young sendiri yang memproduksi alias menciptakan lagu dan menuliskan liriknya. JB dan Jin Young sukses membuktikan KUALITAS mereka sebagai seorang Komposer dan Penulis Lagu yang berbakat.

 

Walau ada begitu banyak cibiran yang diarahkan kepada duo Leader JB dan Jin Young ini, yang terus saja berdatangan dari para haters dan dari fandom lain yang kebetulan idola mereka memang sedang digandrungi, tak hanya di Korea namun mungkin juga di Indonesia sendiri dan memiliki waktu debut yang sama dengan JJ Project comeback, yang menyebut bahwa comeback JJ Project kali ini benar-benar gagal alias Flop jika dilihat dari : MV yang hanya ditonton oleh seuprit orang, tak adanya tropi kemenangan dari acara musik yang berhasil JJ Project menangkan, penjualan digital yang bisa dibilang standar saja, dll entah apalagi, yang para haters tersebut jadikan sebagai alat untuk menyerang duo JB dan Jin Young ini.


Namun untungnya, JYP Entertainment memiliki standar atau tolok ukur sendiri yang dijadikan patokan untuk menentukan artis di bawah naungan mereka dapat dikatakan sukses atau gagal. Bagi JYP, tolok ukur kesuksesan seorang artis yang berada di bawah bendera mereka ditentukan oleh : “Apakah artis tersebut mampu mengalahkan rekor mereka sendiri sebelumnya.”

Ada banyak kriteria bagi JYP Entertainment yang dapat dijadikan tolok ukur untuk menentukan gagal atau suksesnya seorang artis yang berada di bawah agensi mereka dan JYP selalu menjadikan prestasi artis tersebut sebelumnya sebagai bahan perbandingan (JJP vs JJP atau JJP vs GOT7), seperti contohnya :

A. Penjualan Album. 
1. JJ Project “Bounce” mampu menjual sebanyak 12,633 copy album dalam waktu 1 bulan. 
2. JJ Project “Verse 2” mampu menjual sebanyak : 
* 22,199 dalam waktu 1 hari 
* 63,157 copy dalam waktu 1 minggu 
* lebih dari 90,000 copy dalam waktu 2 minggu.



B. MV Viewers. 
1. JJ Project “Bounce” mampu meraih 1 juta viewers lebih dalam waktu 48 jam (2 hari). 
2. JJ Project “Verse 2” mampu meraih 1,8 juta viewers lebih dalam waktu 24 jam (1 hari).
 

C. Itunes Chart. 
1. GOT7 “Flight Log: Arrival” mampu menduduki posisi nomor 1 di 6 negara di dunia. 
2. JJ Project “Verse 2” mampu menduduki posisi nomor 1 di 20 negara di dunia.



D. Hanteo First Week Sales Chart. 
1. GOT7 “Flight Log: Departure” menduduki peringkat ke-73 dalam Peringkat Penjualan Album Terbanyak dalam minggu pertama untuk kategori boygrup. 
2. JJ Project “Verse 2” menduduki peringkat ke-60 dalam Peringkat Penjualan Album Terbanyak dalam minggu pertama untuk kategori boygrup.


Well, itu adalah beberapa contoh dari sekian banyak tolok ukur yang dijadikan patokan oleh JYP Entertainment dalam menentukan artis mereka gagal atau sukses. Dan jika dilihat dari beberapa contoh di atas maka sangat tepat jika dikatakan bahwa comeback JJ Project kali ini dapat dikatakan SUKSES atau BERHASIL.

JJ Project comeback SUKSES secara KUALITAS, karena dalam Mini Album “Verse 2” yang terdiri dari 8 buah lagu yang menawan dan sarat akan makna yang dalam ini, kedua member JJ Project terlibat penuh dalam pembuatan album secara keseluruhan. JB dan Jin Young sendiri yang memproduksi alias menciptakan lagu dan menuliskan liriknya.

Kedua member JJ Project yaitu JB dan Jin Young, membuktikan bahwa mereka tak hanya tampan namun juga memiliki segudang bakat, termasuk salah satunya menciptakan banyak lagu yang indah dan sarat akan makna.
 

JB dan Jin Young sukses membuktikan KUALITAS mereka sebagai seorang Komposer dan Penulis Lagu yang berbakat, karena semua lagu yang mereka ciptakan memiliki lirik yang menyentuh hati, yang berbicara tentang bagaimana seseorang tak boleh menyerah dalam meraih sebuah mimpi. Juga tentang kegalauan dan kecemasan yang dirasakan oleh para generasi muda pada umumnya yang tak tahu jalan mana yang harus mereka ambil untuk masa depan mereka. Menyentuh, berbobot, dan penuh dengan pesan moral yang positif, membuktikan KUALITAS seorang JB dan Jin Young dalam menciptakan sebuah lagu.

Namun sayangnya, sepertinya para Kpopers di Korea ataupun di seluruh dunia, tidak begitu peduli dengan KUALITAS dari sebuah lagu. Publik saat ini, khususnya Publik Korea tidak memiliki selera bagus dalam musik. Lagu-lagu indah yang begitu sarat makna yang positif dan dapat membangkitkan semangat setiap orang yang mendengarkannya, justru tidak mendapatkan sambutan baik.

 

Sangat disayangkan karena ternyata publik Korea pun tak mampu menilai karya mana yang berkualitas. Lagu-lagu yang memiliki arti positif, makna yang mendalam, pesan moral yang baik justru malah diabaikan dan dipandang sebelah mata.

Publik saat ini tidak begitu peduli dengan pesan moral yang ingin disampaikan dalam sebuah lagu, karena bagi mereka yang paling penting adalah wajah-wajah baru yang (menurut mereka) tampan dan siapa yang saat ini sedang naik daun-lah yang akan mendapatkan perhatian dan dukungan penuh dari publik.

Wrong Timing? Mungkin...Karena comeback JJ Project memang bertepatan dengan comebacknya beberapa grup terkenal yang sudah dikenal sebagai Digital Monster serta debutnya grup yang saat ini sedang populer-populernya karena sebuah acara reality show pencari bakat.



Lebih menyedihkan lagi saat ukuran kesuksesan di dunia Kpop bukanlah diukur berdasarkan sebagus atau seindah apa makna yang ingin disampaikan dalam sebuah lagu, apakah lagu tersebut dapat membangkitkan semangat dan memberikan pesan moral positif di dalamnya, melainkan ditentukan oleh berapa banyaknya piala atau tropi kemenangan yang berhasil dimenangkan oleh sebuah grup idola dalam berbagai acara musik. Ada pula yang menjadikan jumlah penjualan album baik Digital maupun Fisik sebagai tolok ukur kesuksessan atau prestasi sebuah grup idola. Ada juga yang berpikir bahwa tingkat kesuksesan sebuah grup idola diukur berdasarkan berapa juta kali MV mereka ditonton setiap hari, atau berapa tiket yang berhasil mereka jual dalam setiap konser.

Ketika kata “PRESTASI” seharusnya tak hanya diidentikkan dengan PIALA atau TROPI KEMENANGAN ^_^


JJ Project juga seperti itu... Mungkin jika dilihat secara teknis, JJ Project comeback dianggap “kurang sukses” di mata publik Korea dan di mata Haters, karena tak ada satupun tropi kemenangan yang berhasil diraih oleh duet JB dan Jin Young ini. Namun hal ini bukan karena karya mereka tidak bermutu, namun karena JJ Project tidak didukung oleh Fandom mereka sendiri. Fakta yang menyedihkan.

MV “Tomorrow Today” pun tak mampu memecahkan rekor yang biasanya mampu diraih oleh GOT7 Full Fandom, membuktikan betapa egoisnya Ahgase/IGOT7. Mereka mampu bersatu dan memberikan GOT7 kemenangan namun menolak bersatu dan memberikan JJ Project kemenangan yang sama, yang sebenarnya juga layak JB dan Jin Young dapatkan. 

Namun jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda, justru comeback JJ Project ini dapat dikatakan bahkan lebih sukses dari GOT7 sebelumnya. Hal ini karena :
1. JJ Project “Verse 2” berisi 8 buah lagu yang merupakan hasil ciptaan para member sendiri. 
JB dan Jin Young terlibat secara penuh dalam proses pembuatan album. JB dan Jin Young ikut terlibat dalam menciptakan lagu dan menuliskan lirik dalam hampir semua lagu yang berada di dalam Mini Album “Verse 2”. JB dan Jin Young sukses membuktikan KUALITAS mereka sebagai Komposer kelas dunia, yang mampu menciptakan lagu-lagu indah yang sarat akan makna dan pesan moral yang positif. Tak hanya melulu bicara mengenai cinta dan patah hati, lagu-lagu yang JB dan Jin Young ciptakan, banyak berbicara tentang perjuangan dalam meraih mimpi dan jalan hidup yang harus mereka pilih.


2. JJ Project “Verse 2” berhasil merajai Chart Itunes di 20 negara di dunia. 
JJ Project “Verse 2” berhasil merajai Itunes Chart di 20 negara melebihi pencapaian GOT7 “Flight Log: Arrival” yang hanya merajai Itunes di 6 negara.
 


3. JJ Project “Verse 2” berhasil menembus tangga lagu Billboard. 
JJ Project “Verse 2” pun berhasil duduk manis di posisi nomor 2 tangga Lagu “Billboard World Album”, setingkat di atas EXO dan duduk di posisi nomor 9 dalam “Billboard Heatseeker Album”.



4. Kedua member JJ Project dipercaya untuk ikut menuliskan lirik untuk title track “Tomorrow Today.” 
CEO JYP Entertainment – Park Jin Young PD-nim alias J.Y Park “The Asian Soul” memberikan kepercayaan kepada JB dan Jin Young untuk ikut menuliskan lirik dan ikut terlibat dalam pembuatan title track alias single utama “Tomorrow Today”, di mana ini adalah impian semua member GOT7 yang sampai saat artikel ini ditulis masih belum kesampaian.


5. No 1 di berbagai situs musik Korea Selatan. 
JJ Project juga berhasil menduduki posisi No 1 di Mnet, no 1 di Melon, no 3 di Bugs dan berbagai prestasi membanggakan lainnya.



6. No 1 dalam Hanteo Daily Chart 
Tak lama setelah dirilis, JJ Project “Verse 2” juga menduduki nomor 1 dalam Hanteo Daily Chart dengan jumlah penjualan album sebanyak 22,199 copy kurang dari 24 jam. Hal ini melebihi prestasi JJ Project “Bounce” yang berhasil menjual sebanyak 12,633 copy dalam waktu 1 bulan. 
* Bounce = 12,633 copy dalam waktu 1 bulan. 
* Verse 2 = 22,199 copy dalam waktu 1 hari.



7. No 1 dalam Hanteo Weekly Chart 
Akun resmi GOT7 yaitu @GOT7Official di twitter pun merilis kabar gembira lain bahwa Mini Album terbaru JJ Project "Verse 2" berhasil duduk di posisi Nomor 1 dalam Hanteo Weekly Album Chart. JJ Project "Verse 2" telah terjual sebanyak 63.157 copy dalam waktu seminggu setelah dirilis, melebihi pencapaian JJ Project "Bounce" yang terjual sebanyak 12.633 copy. Sekali lagi, JJ Project mengalahkan rekor mereka sendiri. 



* Bounce = 12,633 copy dalam waktu 1 bulan. 
* Verse 2 = 63,157 copy dalam waktu 1 minggu.


8. No 1 dalam Japan Towards Record Chart 
Tak hanya di Korea, JJ Project "Verse 2" juga mencetak prestasi yang membanggakan dengan berhasil duduk di Posisi nomor 1 di Japan Toward Record Chart.
 


9. No 1 untuk “Best New Album” dan no 6 untuk “Most Download Song” dalam Hongkong Weekly Chart dan No 1 di Indonesia
Tak hanya di Jepang, JJ Project “Verse 2” juga mencetak prestasi yang membanggakan di Hongkong dengan berhasil duduk manis di posisi nomor 1 untuk Album Terlaris selama seminggu dan Single hits “Tomorrow Today” pun duduk di posisi 6 untuk lagu yang paling banyak didownload dalam Hongkong Daily Chart. 


Tak cukup di Hongkong, JJ Project "Verse 2" juga duduk manis di posisi nomor 1 untuk Itunes Chart di Indonesia.


10. No 2 untuk “Most Searched Group” dalam Melon Chart 
JJ Project berada di posisi nomor 2 sebagai “Grup yang paling banyak dicari (Most Searched Group)” dalam Melon Chart periode 30 Juli – 5 Agustus 2017.


11. No 1 dalam Mnet Countdown Pre-Voting di seluruh dunia 
JJ Project pun menjadi nominasi yang mendapat suara paling banyak di berbagai negara dalam Mnet Countdown Pre-Voting periode tanggal 4 Agustus – 7 Agustus 2017. 
* Global = 1 
* Japan = 1 
* Overall = 1 
* Korea = 2


Walaupun sistem Pre-voting tersebut bukanlah jaminan bagi seorang idola untuk mendapatkan tropi kemenangan namun hal tersebut sudah merupakan kebanggaan tersendiri bagi JJ Project mengingat mereka memang menghadapi lawan berat dan persaingan di bulan Agustus ini memang terbilang sangat ketat. Namun dapat unggul di berbagai negara dalam Sistem Pre-Voting Mnet sudah merupakan bukti bahwa walaupun HANYA DIDUKUNG OLEH SEPARUH FANDOM YANG MASIH SETIA, tetapi JJ Project tetap mampu memberikan perlawanan yang maksimal.

12. No 1 dalam Mnet Countdown Pre-Voting dengan perolehan suara 47% 
JJ Project “Tomorrow Today” berhasil unggul sementara dalam Pre-Voting yang diadakan oleh Mnet Countdown periode 4 Agustus 2017 – 7 Agustus 2017 dengan meraih posisi nomor 1 dengan jumlah suara sebesar 47% melalui persaingan ketat melawan EXO, yang sangat terkenal memiliki fandom yang kuat, solid, kompak dan akan melakukan apa saja agar idola mereka dapat menang.
 

Namun tentu saja, ini masih belum menjadi jaminan bahwa piala kemenangan telah menjadi hal milik JB dan Jin Young, mengingat sistem Pre-Voting hanya berpengaruh sebesar 10% dan melihat fakta bahwa JJ Project hanya didukung oleh SEPARUH FANDOM, sementara EXO didukung oleh FULL Fandom. Jangankan dengan dukungan separuh fandom, seluruh Ahgase bersatupun masih belum tentu bisa mengalahkan EXO- L. Namun setidaknya hal ini cukup membanggakan karena walaupun hanya didukung oleh SEPARUH FANDOM, JJ Project tetap mampu memberikan perlawanan alot kepada EXO yang notabene-nya lebih unggul dalam segala-galanya.

13. Pujian CEO JYP untuk kedua member JJ Project. 
Selain itu, CEO JYP yaitu Park Jin Young PD-nim pun memberikan pujian secara pribadi untuk JB dan Jin Young, menunjukkan bahwa di mata JYP PD-nim, JB dan Jin Young adalah sosok yang pantas untuk dicontoh dan diteladani oleh para artis JYP yang lain (gak gampang loh dapat pujian dari bos ^.^ Yang udah kerja pasti tahu). JB dan Jin Young tak hanya tampan dan berbakat, namun juga memiliki semangat kerja dan etika tingkah laku yang pantas dijadikan panutan. Wah, kurang apalagi tuh? ^_^


Ini membuktikan bahwa prestasi atau kesuksesan seorang artis itu tak hanya diukur berdasarkan berapa banyak tropi yang mereka menangkan atau berapa juta kali lagu mereka didownlod fans dari seluruh dunia atau juga berapa juta kali MV mereka ditonton oleh fans dari seluruh dunia. Karena pengertian kesuksesan itu tak hanya dilihat dari sesuatu yang tampak oleh mata telanjang.

Walaupun memang benar. Di dunia Kpop, secara mata telanjang, memang Viewers Youtube, penjualan lagu digital dan tropi acara musik adalah standar untuk seorang artis/idol group dapat dikatakan berhasil atau gagal.

Secara teknis, secara administrasi dan secara popularitas, itu memang benar. Apalagi di dunia Kpop, memang yang selalu dijadikan alat pamer kesuksesan sebuah grup idola adalah kalau bukan Viewers Youtube yang ratusan juta, pastilah berapa banyak tropi kemenangan yang berhasil diraih oleh sebuah grup idola. Ngaku deh! Siapa di antara kalian yang sering banget menyombongkan viewers youtube yang ratusan juta? Pasti dapat dikatakan hampir semua.

Kalimat seperti, “idola gue MV-nya uda pecahin rekor sekian ratus juta dalam waktu sekian hari loh...hebat, kan?” dll...


Entah kenapa pemikiran seperti ini terlihat sangat dangkal. Berbagai acara musik di Korea mungkin memang menjadikan viewers Youtube sebagai salah satu bahan penilaian, tapi itu bukan semata-mata membuktikan bahwa si A atau si B berkualitas hanya karena viewersnya ratusan juta.

Walaupun ada banyak cibiran diarahkan kepada duo JJ Project yang beranggotakan Leader JB dan Jin Young GOT7 ini. Namun sebelum mencibir idola lain, ada baiknya si pencibir tersebut bercermin terlebih dahulu. Apakah idola kalian bisa menciptakan lagu? Berapa lagu yang sudah mereka ciptakan? Apakah lagu-lagu tersebut mengandung makna yang positif dan dapat membangkitkan semangat? Mampukah idola kalian menciptakan sebuah lagu yang ber-KUALITAS? Dan bukan hanya mendapatkan tropi kemenangan hanya karena JUMLAH MEREKA BANYAK. Sedikit lucu memang. Entah kenapa Kpopers jaman sekarang bukan lagi murni mendukung idola mereka sendiri, namun justru lebih fokus mengamati idola lain, dan sibuk mengomentari ini dan itu alias nyinyir.


“Prestasi yang sesungguhnya, bukan hanya tentang piala atau tropi kemenangan, bukan hanya tentang berapa juta copy album yang berhasil mereka jual, bukan tentang berapa juta kali lagu mereka didownload oleh orang-orang di seluruh dunia, bukan tentang berapa ratus ribu PO yang berhasil mereka dapatkan bahkan sebelum album resmi dirilis, bukan tentang berapa puluh ribu penonton yang hadir memadati gedung konser yang mereka adakan, juga bukan diukur berdasarkan berapa juta kali MV mereka ditonton setiap hari. Karena semua hal tersebut di atas, hanya bisa didapatkan jika seorang artis idola sudah memiliki fandom yang besar, kuat, solid dan kompak.”


Mini Album “Verse 2” terdiri dari 8 lagu yang luar biasa, yang tak hanya melulu bicara soal cinta ataupun patah hati seperti lagu-lagu pada umumnya. JJ Project “Verse 2” berbicara tentang bagaimana seseorang harus berjuang meraih mimpi mereka, tak boleh menyerah apa pun yang terjadi.

Seperti dalam lirik lagu “ICARUS” yang salah satu bait liriknya berbunyi “Aku takkan pernah menyerah. Aku tak boleh jatuh. Walaupun tubuhku harus terbakar dan hancur menjadi debu. Aku takkan pernah menyerah meraih mimpiku...”

Lalu makna tersembunyi yang terdapat dalam title track “Tomorrow Today” juga tak kalah memberikan semangat kepada mereka yang saat ini bingung harus memilih jalan mana yang harus mereka tempuh. Title track “Tomorrow Today” memang berbicara tentang kegalauan, kegelisahan serta kebingungan yang umumnya dirasakan oleh para generasi muda dalam menentukan jalan hidup yang akan mereka pilih. Lirik dalam lagu tersebut mengandung pesan moral yang positif agar para generasi muda tidak salah langkah dalam mengambil keputusan untuk masa depan mereka nanti.


JJ PROJECT MEMILIKI KUALITAS, namun mereka dianggap “kalah” karena tidak memiliki dukungan massa...

Namun untunglah, setidaknya Billboard masih memiliki selera tinggi dalam musik, karena JJ Project “Verse 2” berhasil duduk manis di Posisi nomor 2 dalam “Billboard World Album”. 

Bagi penulis, comeback JJ Project Kali ini justru terbilang sangat sukses karena baik JB maupun Jin Young berhasil membuktikan KUALITAS mereka sebagai SEORANG MUSISI BERKELAS. Tak hanya jual tampang, namun benar-benar memiliki kemampuan.

Terima kasih karena telah menciptakan lagu-lagu indah yang BERKUALITAS yang sarat akan makna dan penuh dengan pesan moral yang positif.

 JJ Project dalam KCON LA 2017

Mendengarkan JJ Project “Verse 2” membuatku menyadari bahwa impian itu memang harus diraih dengan sepenuh hati, tidak boleh menyerah apa pun yang terjadi. Aku juga berharap kalian juga seperti itu, jangan menyerah dalam meraih mimpimu, JB dan Jin Young. Lagu-lagu yang kalian ciptakan mampu menyentuh hati banyak orang dan menunjukkan pada mereka bahwa impian itu memang tak mudah diraih, bila mudah diraih bukan impian namanya, itu sebabnya kita harus terus berjuang tanpa kenal menyerah.

“Pemenang sejati adalah mereka yang tak pernah menyerah dalam meraih mimpi.”

Written by : Liliana Tan 
NOTE : DILARANG MENG-COPY PASTE TANPA IJIN DARI PENULIS !!! REPOST WITH FULL CREDITS !!!

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.