Wednesday, August 23, 2017

(News) JJ Project “Verse 2” diplagiat oleh Boygrup Jepang



Masih segar dalam ingatan dan kasusnya pun masih belum menemui titik terang alias si pelaku plagiatisme lebih memilih tutup mulut dan bersikap masa bodoh meskipun seluruh penggemar Kpop di dunia telah mengetahui perihal penjiplakan yang mereka lakukan. Namun ternyata kasus plagiatisme kembali terjadi dan menimpa artis yang sama, yaitu JJ Project. Setelah terhembus kabar bahwa koreografi JJ Project “Tomorrow Today” diplagiat oleh Boygrup asal China yaitu TFBoys, kini JJ Project kembali diplagiat oleh duo boygrup asal Jepang yang menamakan diri mereka “JR” dan memakai konsep album yang sama dengan Mini Album JJ Project “Verse 2”, membuktikan bahwa popularitas JJ Project tak bisa dipandang remeh.

“(News) JJ Project “Verse 2” diplagiat oleh Boygrup Jepang”





JJ Project sekali lagi membuktikan ketenaran, popularitas dan bakat mereka di dunia international, dengan kembali menjadi korban plagiatisme. Kenapa? Karena hanya mereka yang populer/terkenal dan dianggap memiliki bakatlah yang kerap dijadikan sasaran plagiatisme. Singkat kata, para plagiator takkan sudi menjiplak karya yang menurut mereka biasa saja atau cenderung jelek. HANYA KARYA yang dianggap KERENLAH yang dijadikan sasaran plagiatisme. Jadi ambil sisi positifnya, JJ Project dijiplak itu karena karya mereka dianggap sangat keren ^_^ Anggap saja ini adalah PROMOSI GRATIS untuk JJ PROJECT agar nama mereka semakin dikenal publik di masa depan.

Di tengah cibiran para haters yang menyebut comeback JJ Project “tidak sukses” karena tak mampu membawa pulang satupun tropi kemenangan dalam berbagai acara musik di Korea, JJ Project justru membuktikan sebaliknya. JJ Project membuktikan bahwa popularitas mereka tak bisa dianggap remeh, karena mengingat fakta bahwa ada banyak orang-orang di luar sana yang menjadikan karya JJ Project sebagai bahan inspirasi untuk karya mereka sendiri dan mengakui karya tersebut sebagai murni milik mereka. Walaupun faktanya ada perbedaan besar antara terinspirasi dengan menjiplak alias plagiat.

Setelah koreografi JJ Project “Tomorrow Today” terbukti diplagiat oleh boygrup asal China, yaitu TFBoys. Kini, konsep album Mini Album JJ Project “Verse 2” pun kembali menjadi korban plagiatisme oleh duo boygrup asal Jepang, yaitu JR.


Plagiatisme. Ada banyak aspek yang mendasari seseorang untuk melakukan tindakan memalukan ini. Salah satunya adalah kurangnya kreatifitas, itu sebabnya lebih mudah bagi orang tersebut untuk mencuri karya orang lain dan mengakuinya sebagai karya mereka. Aspek lainnya mungkin si pelaku plagiatisme berpikir, jika seandainya plagiatisasi yang mereka lakukan diketahui oleh orang lain, maka mereka bisa saja sekalian numpang tenar, dari seseorang yang tidak dikenal publik menjadi seseorang yang disorot publik karena kasus plagiatisme yang dilakukannya. Promosi gratis. Walaupun dengan cara yang rendah, begitulah istilahnya.

Kasus plagiatisme atas Mini Album JJ Project “Verse 2” inipun penulis ketahui tanpa disengaja. Berawal saat beberapa hari yang lalu, penulis tak sengaja melihat perbandingan video koreografi antara koreografi milik Yugyeom GOT7 dalam “Hit The Stage” dengan koreografi yang dilakukan oleh personil boygrup asal China daratan yang menamakan diri mereka TFBOys yang dilakukan pada acara 4’th years Anniversary TFBoys.



Potongan video tersebut dalam sekejap menjadi viral di dunia maya karena dalam video tersebut terbukti, koreografi yang dibawakan TFBoys dalam konser ulang tahun ke-4 mereka ternyata menjiplak/memplagiat koreografi milik JJ Project “Tomorrow Today”, GOT7 “Never Ever” dan Yugyeom GOT7 “Hit The Stage”. Tak hanya itu, konon kabarnya member TFBoys tersebut juga menjiplak/memplagiat penampilan U-Kwon Block B yang juga ikut tampil dalam “Hit The Stage”.


Namun ternyata kasus plagiatisme tak hanya dilakukan oleh industri hiburan China semata. Tak lama setelah kasus plagiatisme yang dilakukan oleh TFBoys tersebut terkuak, muncul berita lain disertai sebuah gambar yang menunjukkan bahwa ada duo boygrup asal Jepang yang juga menjiplak konsep album dari JJ Project “Verse 2”.

Terlihat jelas dalam gambar, boygrup asal Jepang yang menamakan diri mereka “JR” alias JackRoy yang baru saja merilis album untuk merayakan 4'th Anniversary mereka yang berjudul “Bank $” memiliki konsep album yang sama persis dengan konsep album JJ Project “Verse 2”. Tak hanya konsep album yang “Hitam Putih”, namun cara mereka menuliskan judul album antara “Verse #2” dan “Bank #$” pun tampak sama persis. Kedua boygrup inipun sama-sama terdiri dari dua orang member. 

Anehnya, baik si plagiat Koreografi alias TFBoys maupun si plagiat konsep album JJ Project "Verse 2" ini memiliki satu kesamaan yaitu sama-sama sedang merayakan 4'th anniversary. Hhhhmmmm...jadi merayakan ulang tahun ke-4 dengan menjiplak karya orang, ya? Kok kompakan banget sih? Sama-sama merayakan ulang tahun ke-4 dan sama-sama dirayakan dengan menjiplak/memplagiat >__<


Lalu cara si plagiat tersebut meletakkan nama kedua member yang ditempatkan di kedua sudut atas di kiri dan kanan album pun sama persis. Nama “JB” diganti “Roy-W” dan nama “Jin Young” diganti menjadi
“Jackson-Y”. Penempatan nama kedua member yang sama persis membuktikan betapa tidak kreatifnya mereka.

Kemudian juga logo JJ Project yang baru yang dilambangkan dengan bentuk “ketupat” dengan nama “JJ” di dalam logo tersebut juga dipakai oleh si plagiat tersebut, bentuk ketupat yang sama namun dengan nama yang berbeda. Bukan lagi nama “JJ” yang ada di dalamnya namun telah diganti dengan nama “JR” yang merupakan singkatan dari Jack dan Roy. Intinya sama persis. JJ adalah singkatan dari JB dan Jin Young, dan JR adalah singkatan dari Jackson Y dan Roy W. Sama persis, kan?


Note : Menurut sumber, “JR” adalah boygrup asal Jepang, namun nama mereka terdengar seperti nama China. Jackson Y dan Roy W, benar-benar mirip nama orang China. Entahlah...Karena awalnya sebelum kasus plagiatisme ini terkuak, mereka kurang terkenal jadi informasi tentang mereka pun sangat sedikit yang bisa didapat, jadi masih belum jelas mereka berasal dari China atau Jepang.

Mungkin itu sebabnya mereka berani memplagiat JJ Project karena mereka berpikir mungkin takkan ada yang mengetahui penjiplakan yang mereka lakukan berhubung mereka kurang dikenal publik jadi takkan ada yang tahu. Namun yang namanya bangkai, meski disembunyikan sebaik apa pun, tetap akan tercium juga.

Namun sejak kasus plagiat tersebut mencuat, hingga saat artikel ini diposting, masih belum ada pernyataan dari yang bersangkutan mengenai kasus plagiatisme yang mereka lakukan. Besar harapan agar pihak yang bersangkutan segera meminta maaf secara resmi kepada pihak JYP Entertainment, khususnya kepada JJ Project yang terbukti telah diplagiat.



Namun jika permintaan maaf secara resmi tersebut tak kunjung muncul, setidaknya penulis di sini telah membantu menyampaikan kasus plagiatisme tersebut kepada publik secara lebih luas agar publik dapat mengetahui kebenarannya dan agar tidak terjadi salah paham, yang mungkin saja keadaan malah berbalik JJ Project-lah yang malah dituding plagiat. Mengingat di jaman sekarang ini, ada banyak sekali kasus “MALING TERIAK MALING.”

Terima kasih telah memplagiat/menjiplak JJ Project, karena hal tersebut membuktikan bahwa popularitas JJ Project tak bisa dipandang remeh dan ada begitu banyak orang yang menjadikan JJ Project sebagai inspirasi (bahasa halusnya menjiplak). Faktanya, HANYA ORANG KEREN-lah yang dijadikan sasaran plagiatisme. PLAGIATOR TAKKAN SUDI MENJIPLAK KARYA YANG BIASA SAJA apalagi cenderung JELEK. Keep Positive Thinking ^_^


Mungkin dengan begini, tak hanya si pelaku yang mendapatkan promosi gratis dan nama mereka semakin dikenal publik walau dengan cara yang sangat rendah, namun si korban plagiatisme yang dalam kasus ini adalah JJ PROJECT juga akan mendapatkan PROMOSI GRATIS karena publik akhirnya menaruh perhatian pada mereka, si korban plagiatisme yang telah berkali-kali menjadi korban plagiatisme.

Ingat, HANYA ORANG KEREN YANG MENJADI KORBAN PLAGIAT. Kalau kalian diplagiat orang, berarti kalian dianggap keren oleh orang yang memplagiat kalian ^_^ Keep Positive Thinking. Let’s spread love, Not Hate ^_^ 

Source : @bluebaby28 + @GOT7Prince + berbagai sumber 
Written by : Liliana Tan 
NOTE : DILARANG MENG-COPY PASTE TANPA IJIN DARI PENULIS !!! REPOST WITH FULL CREDIT !!!

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.