Rabu, 23 Agustus 2017

(News) Terlalu keren! Koreografi GOT7, JJ Project dan Block B dijiplak oleh Boygrup asal China, TFBoys



Sepertinya plagiatisme tak hentinya terjadi. Tak hanya di dunia literasi, plagiatisme juga mulai mencakup semua aspek kehidupan, mulai dari hanya sebuah status di facebook seperti yang terjadi pada Afi Nihaya Faradisa yang tenar dalam sekejap berkat statusnya yang kontroversial tapi ternyata HANYA HASIL PLAGIAT !!! -__- Lalu kemudian, sinetron-sinetron Indonesia yang juga banyak sekali menjiplak/memplagiat drama Korea, mandarin dan Jepang, kemudian lagu-lagu yang juga dijiplak alias diplagiat sana-sini seenak jidat, lalu juga plagiatisme yang marak terjadi dalam dunia tulis menulis/literasi di mana saya sendiri juga salah satu korban plagiatisme *elus-elus dada*

Tak cukup sampai di sana, belakangan ini kasus plagiatisme juga marak terjadi di industri hiburan China. Mungkin karena dunia hiburan China masih belum sepopuler Korea Selatan dengan Kpop-nya, jadi sulit bagi mereka untuk memenangkan peta persaingan dan menarik perhatian dunia. Atau bisa jadi mungkin si pelaku plagiatisme berpikir, jika plagiatisme yang mereka lakukan diketahui publik maka ini bisa menjadi sebuah promosi gratis. Dari yang awalnya tidak mengenal artis A jadi mengetahui mengenai artis A karena kasus plagiatisme yang mereka lakukan. Atau mungkin juga justru karena kurang disorot publik itulah, maka para pegiat seni di China berpikir bahwa walaupun mereka menjiplak/memplagiat karya seseorang, toh tidak akan ada yang tahu, mengingat sorot mata dunia hanya terpatri pada Kpop dan bukan pada Mandopop lagi. Namun ternyata mereka salah. Tidak peduli sebaik apa pun bangkai ditutupi, baunya pasti akan tercium juga. Menurut beberapa sumber, ini bukan pertama kalinya dunia hiburan China terbukti melakukan Plagiatisme terhadap Kpop. Jadi siapakah kali ini yang sukses menjadi sorotan publik dengan kasus plagiatismenya? Dan siapakah artis Kpop yang ketiban sial diplagiat? Mari kita simak di bawah ini...

“(News) Terlalu keren! Koreografi GOT7, JJ Project dan Block B dijiplak oleh Boygrup asal China, TFBoys”





Plagiatisme belakangan kian marak. Tak hanya di dunia literasi, namun juga sudah mencakup berbagai aspek kehidupan. Mulai dari lagu, sinetron, novel, bahkan hanya sekedar status facebook, semuanya tak luput diplagiat, yang terbaru bahkan aksi plagiatisme juga menjangkau koreografi sebuah tarian (dance).

Ada banyak aspek yang mendasari seseorang untuk melakukan tindakan memalukan ini. Salah satunya adalah kurangnya kreatifitas, itu sebabnya lebih mudah bagi orang tersebut untuk mencuri karya orang lain dan mengakuinya sebagai karya mereka. Aspek lainnya mungkin si pelaku plagiatisme berpikir, jika seandainya plagiatisasi yang mereka lakukan diketahui oleh orang lain, maka mereka bisa saja sekalian numpang tenar, dari seseorang yang tidak dikenal publik menjadi seseorang yang disorot publik karena kasus plagiatisme yang dilakukannya. Promosi gratis. Walaupun dengan cara yang rendah, begitulah istilahnya.

Dunia seni (Entertainment) adalah yang paling banyak terdapat kasus plagiatisme. Mulai dari lagu, drama, film, hingga koreaografi sebuah tarian (dance). Belakangan ini kasus plagiatisme juga marak terjadi di industri hiburan China. Menurut beberapa sumber, ini bukan pertama kalinya dunia hiburan China terbukti melakukan Plagiatisme terhadap Kpop.

 JJ Project koreografi "Tomorrow Today" yang juga dijiplak oleh TFBoys

Hal ini terjadi mungkin karena disebabkan oleh beberapa hal : 
1. Untuk menarik perhatian dunia. 
Dunia hiburan China masih belum sepopuler Korea Selatan dengan Kpop-nya, jadi sulit bagi mereka untuk memenangkan peta persaingan dan menarik perhatian dunia.

2. Promosi Gratis. 
Mungkin si pelaku plagiatisme berpikir, jika plagiatisme yang mereka lakukan diketahui publik maka ini bisa jadi sebuah promosi gratis. Dari seseorang yang awalnya tidak dikenal publik menjadi seseorang yang disorot publik karena kasus plagiatisme yang dilakukannya. Promosi gratis. Walaupun dengan cara yang rendah.

3. Kurang terkenal jadi merasa tidak akan ketahuan. 
Mungkin juga justru karena kurang disorot publik itulah, maka para pegiat seni di China berpikir bahwa walaupun mereka menjiplak/memplagiat karya seseorang, tidak akan ada yang mengetahuinya, mengingat sorot mata dunia hanya terpatri pada Kpop dan bukan pada Mandopop lagi.

Terlalu keren! Koreografi JJ Project "Tomorrow Today" pun dijiplak oleh Boygrup asal China yang bernama TFBoys

Namun ternyata mereka salah. Tidak peduli sebaik apa pun bangkai ditutupi, baunya pasti akan tercium juga. Seperti yang belakangan ini terjadi pada Boygrup asal China TFBoys yang terbukti melakukan PLAGIATISME KOREOGRAFI dari dance milik GOT7, JJ Project dan Block B.

Beberapa hari yang lalu, penulis sempat melihat perbandingan video koreografi antara koreografi milik Yugyeom GOT7 dalam “Hit The Stage” dengan sebuah koreografi yang dilakukan oleh personil TFBOys yang dilakukan dalam acara 4’th years Anniversary TFBoys.

Netter pun kemudian mulai ramai membicarakan koreografi dari boygrup asal China bernama TFBoys tersebut dan membandingkannya dengan koreografi milik Yugyeom GOT7 dalam “Hit The Stage” dan Block B. Untuk Block B, penulis tidak begitu mengetahui karena memang bukan fans, namun untuk Yugyeom GOT7, memang koreografi tersebut sangatlah mirip 100%.


Dan itu dibuktikan dengan potongan video tersebut yang kemudian menjadi viral di dunia maya. Dalam video tersebut terbukti, koreografi yang dibawakan TFBoys dalam konser ulang tahun ke-4 mereka ternyata menjiplak/memplagiat koreografi milik JJ Project “Tomorrow Today”, GOT7 “Never Ever” dan Yugyeom GOT7 “Hit The Stage”. Tak hanya itu, konon kabarnya member TFBoys tersebut juga menjiplak/memplagiat penampilan U-Kwon Block B yang juga ikut tampil dalam “Hit The Stage”.

Tak lama setelah berita plagiatisme ini berhembus, artikel setempat pun langsung dibanjiri oleh kekesalan para netizen. Mayoritas netizen tersebut mengaku sudah tak heran lagi dengan ulah Tiongkok/China yang kerapkali menjiplak/memplagiat karya Korea Selatan, karena faktanya memang sudah terlalu banyak karya Korea Selatan yang diplagiat oleh Tiongkok/China.

“Kalau itu Tiongkok, aku gak kaget.” Imbuh seorang Netizen. 
“Aku sudah lelah merasa kesal pada Tiongkok, negara itu sepertinya sudah tidak memiliki kreatifitas lagi.” imbuh netizen yang lain. 
“Lagi-lagi Tiongkok berulah.” sahut yang lain.


Bahkan saking kesalnya, ada seorang netizen China yang menyebut dirinya sebagai perwakilan dari IGOT7 China memposting kekesalannya dan berharap JYP Entertainment selaku agensi dari GOT7 dan JJ Project untuk segera mengambil tindakan.

Berikut isi suratnya : 
“Selamat sore. Surat ini adalah surat dari beberapa IGOT7 China. Kami ingin membahas tentang Hak Cipta dari penampilan Kim Yugyeom dalam sebuah acara yang bernama “Hit The Stage”. Sekarang pelatih dance asal China yang bernama Xia Zhen MENG-COPY ide Yugyeom dan digunakan untuk kepentingannya sendiri, yaitu diberikan kepada sebuah grup idola dari China yang menggunakan tarian tersebut dalam acara peringatan 4 tahun (4th years anniversary) mereka. Pertunjukan tersebut telah menarik perhatian dari IGOT7 China dalam sekali lihat (first sight = pandangan pertama, namun kurang enak bila digunakan dalam konteks kalimat ini). 


"Beberapa gerakan terlihat teramat sangat mirip hingga membangkitkan kemarahan kami. Kami sudah menyampaikan kemarahan kami melalui weibo, namun yang bersangkutan masih belum meminta secara resmi, bahkan secara pribadi. Kami berharap JYP Entertainment dapat membantu Yugyeom untuk mempertahankan hak ciptanya. Kumohon berdirilah di pihaknya. Dari : IGOT7 China (15/08/2017).”

Namun sejak kasus plagiat tersebut mencuat, hingga saat artikel ini diposting, masih belum ada pernyataan dari yang bersangkutan mengenai kasus plagiatisme yang mereka lakukan. Besar harapan agar pihak yang bersangkutan segera meminta maaf secara resmi kepada pihak JYP Entertainment, khususnya kepada GOT7 dan JJ Project yang terbukti telah diplagiat.

Namun jika permintaan maaf secara resmi tersebut tak kunjung muncul, setidaknya penulis di sini telah membantu menyampaikan kasus plagiatisme tersebut kepada publik secara lebih luas agar publik dapat mengetahui kebenarannya, agar tidak terjadi salah paham dan kemudian keadaan malah berbalik GOT7/JJ Projectlah yang malah dituding plagiat. Mengingat di jaman sekarang ini, ada banyak sekali kasus “MALING TERIAK MALING.”


Untuk TFBoys, sebenarnya penulis sudah pernah mendengar nama mereka sebelumnya karena salah satu teman IG penulis adalah penggemar mereka, tapi karena TFBoys maupun fans mereka tidak pernah “menyentuh” GOT7/JJP maka penulis pun tak peduli pada Boygrup China yang satu ini. Tak peduli sama sekali hingga akhirnya kasus plagiatisme ini terkuak.

Terima kasih kepada TFBoys karena telah menjiplak GOT7 dan JJ Project karena mungkin saja, pelatih dancer kalian melakukan itu karena kagum dan mengidolakan GOT7 dan JJ Project sehingga meniru dan mengcopy koreografi mereka. Selamat juga untuk TFBoys, karena dengan adanya kasus plagiatisme ini maka secara otomatis nama kalian akan mulai dikenal publik di luar publik China dan mungkin juga akan terkenal di seluruh dunia.

Seperti yang penulis katakan di atas, dari seseorang yang awalnya tidak dikenal publik menjadi seseorang yang disorot publik karena kasus plagiatisme yang dilakukannya. Promosi gratis. Walaupun dengan cara yang sangat rendah.

 Koreografi GOT7 "Never Ever" yang juga diplagiat oleh TFBoys

Harap di masa depan, kasus plagiatisme seperti ini tidak terjadi lagi. Dan besar harapan agar pihak agensi dari TFBoys segera memberi pernyataan resmi dan meminta maaf secara resmi kepada pihak yang dirugikan yaitu dalam hal ini JYP Entertainment beserta artis mereka : GOT7 dan JJ Project.

Namun selalu ada sisi positif untuk segala hal. Kasus plagiatisme ini justru membuktikan ketenaran, popularitas dan bakat GOT7/JJ Project diakui di dunia international. Kenapa? Karena hanya mereka yang populer/terkenal dan dianggap memiliki bakatlah yang kerap dijadikan sasaran plagiatisme. Singkat kata, para plagiator takkan sudi menjiplak karya yang menurut mereka biasa saja atau cenderung jelek.

HANYA KARYA yang dianggap KERENLAH yang dijadikan sasaran plagiatisme. Jadi ambil sisi positifnya, JJ Project dan GOT7 dijiplak itu karena karya mereka dianggap sangat keren ^_^ Anggap saja ini adalah PROMOSI GRATIS untuk JJ PROJECT dan GOT7 agar nama mereka semakin dikenal publik di masa depan. Always think positive. Let’s spread Love, NOT HATE !!!

Source : Weibo China + Wow Keren + Naver + berbagai sumber
Written by : Liliana Tan 
NOTE : DILARANG MENG-COPY PASTE TANPA IJIN DARI PENULIS !!! REPOST WITH FULL CREDIT !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Native Ads