Friday, August 11, 2017

(News) Prestasi JJ Project Verse 2



Saat kesuksesan seseorang tak hanya diukur dengan sebuah piala atau tropi kemenangan. Ada banyak cara untuk menilai kesuksesan atau prestasi yang dimiliki oleh seseorang, terlebih lagi seorang artis idola. Bagi mayoritas orang, prestasi sebuah grup idola ditentukan oleh berapa banyaknya piala atau tropi kemenangan yang berhasil dimenangkan oleh idola mereka dalam berbagai acara musik. Ada pula yang menjadikan jumlah penjualan album baik Digital maupun Fisik sebagai tolok ukur kesuksessan atau prestasi idola mereka. Ada juga yang berpikir bahwa tingkat kesuksesan seorang idola diukur berdasarkan berapa juta kali MV mereka ditonton setiap hari, atau berapa tiket yang berhasil mereka jual dalam setiap konser.

Di atas kertas, secara hitam di atas putih hal tersebut mungkin benar adanya dan memang sah-sah saja berpikir demikian, karena faktanya memang sistem penilaian dalam berbagai ajang penghargaan musik memang menjadikan hal-hal tersebut sebagai pertimbangan penilaian. Namun di dunia ini, ada banyak hal yang tak kasat mata yang juga dapat dijadikan tolok ukur untuk menilai prestasi atau kesuksesan seseorang. Apakah itu? Jawabannya adalah jika mereka dapat mengalahkan diri mereka sendiri. Loh kok bisa sih? Sebelum membahas tentang prestasi yang diraih oleh JJ Project “Verse 2”, ada baiknya kalian memahami apa makna di balik kata “prestasi” itu sendiri...

“(News) Prestasi JJ Project Verse 2”







Ketika kata “PRESTASI” tak hanya diidentikkan dengan PIALA atau TROPI KEMENANGAN ^_^

Saat kalian membaca judul artikel ini, pasti ada beberapa di antara kalian yang mencibir, “Prestasi apanya sih? Bukannya comeback JJ Project Flop alias gagal? Tuh MV hanya ditonton seuprit orang doang. Mereka kalah telak tuh sama EXO, Wanna One, G-Friend, SNSD dll (sebutkan semua juga gpp kok ^_^). Mereka juga belum berhasil menjual 100.000 copy, sedang Wanna One aja PO-nya 502.000...Apanya yang berprestasi?”


Iya deh iya, kalian berhak mencibir kok. Namun tolong jangan dilupakan kalau JJ PROJECT HANYA DIDUKUNG OLEH SEPARUH FANDOM ya, beda dengan Wanna One, EXO, G-Friend, SNSD dan entah siapa lagi yang juga comeback di periode yang sama yang didukung OLEH SELURUH FANDOM. Dari situ aja uda keliatan kok salah satu alasan “gagalnya” JJ Project di mata kalian.

Namun apa kalian tahu tolok ukur sesungguhnya dari kata sebuah prestasi atau kesuksesan? PRESTASI atau KESUKSESAN, tak hanya terbatas pada apa yang mampu dilihat oleh mata telanjang.



“Prestasi bukan hanya tentang piala atau tropi kemenangan, bukan hanya tentang berapa juta copy album yang berhasil mereka jual, bukan tentang berapa juta kali lagu mereka didownload oleh orang-orang di seluruh dunia, bukan tentang berapa ratus ribu PO yang berhasil mereka dapatkan bahkan sebelum album resmi dirilis, bukan tentang berapa puluh ribu penonton yang hadir memadati gedung konser yang mereka adakan, juga bukan diukur berdasarkan berapa juta kali MV mereka ditonton setiap hari. Karena semua hal tersebut di atas, hanya bisa didapatkan jika seorang artis idola sudah memiliki fandom yang besar, kuat, solid dan kompak.”


Namun apa yang bisa diharapkan oleh Fandom yang terpecah belah seperti Ahgase/IGOT7 saat ini? Saat semua fans sibuk memberikan dukungan penuh terhadap idola mereka, saat semua Fandom kompak bersatu untuk memberikan idola mereka kemenangan yang layak mereka dapatkan, di saat yang sama, AHGASE/IGOT7 justru memalingkan wajah mereka dan menolak memberikan dukungan untuk JJ Project. Mereka dengan kejam beralasan bahwa "JJ Project BUKAN BIASKU, jadi untuk apa kudukung?" T__T What a great fandom, right?




SEPARUH Ahgase/IGOT7 justru menganggap JJ Project sebagai musuh GOT7 yang harus diberantas, karena Separuh Ahgase/IGOT7 menganggap bahwa kalau JJ Project sukses maka GOT7 akan bubar, yang mana hal tersebut adalah TIDAK BENAR !!! Itu sebabnya SEPARUH AHGASE/IGOT7 MENOLAK MEMBERIKAN DUKUNGAN !!!


Piala atau tropi kemenangan, jumlah PO, berapa banyak album yang berhasil terjual, berapa juta kali MV ditonton dalam sehari, semuanya bisa didapat DENGAN MUDAH BILA ADA DUKUNGAN PENUH DARI FANS, benarkan? Itu bukanlah pengertian prestasi yang sesungguhnya melainkan MURNI karena PERJUANGAN dan DUKUNGAN PARA FANS. Intinya : Mereka menang karena jumlah mereka lebih banyak. Massa yang besar adalah salah satu faktor utama, sesuatu yang tidak dimiliki oleh JJ Project dalam comeback kali ini. Jika kalian memiliki dukungan massa maka akan mudah bagi kalian untuk menang. Jadi kalau JJ Project kalah melawan EXO, Wanna One, SNSD, G-Friend dlll hal itu WAJAR SAJA, karena semua idola di atas memiliki dukungan massa dalam jumlah banyak.

Apakah itu prestasi? Tergantung sudut pandang masing-masing orang. Namun JJ Project DITINGGALKAN adalah FAKTA YANG TIDAK DAPAT DIBANTAH !!! Bukan Play Victim atau mencari pembenaran namun itulah FAKTANYA ^_^ Dan beberapa screenshot di atas adalah BUKTINYA !!!



Pengertian “PRESTASI YANG SESUNGGUHNYA” adalah saat seseorang (atau dalam hal ini sebuah Grup Idola) bisa mengalahkan diri mereka sendiri di masa lalu. Bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi, bisa menunjukkan adanya peningkatan kemampuan diri, bisa membuktikan bahwa mereka mampu memecahkan rekor mereka sendiri di masa lalu sebagai bukti mereka mampu mengembangkan diri. Bukan tentang mengalahkan orang lain, melainkan mengalahkan diri sendiri.

Tomorrow Will Be Better yang artinya “Hari Esok pasti lebih baik”, seperti itulah kira-kira. JJ Project berhasil membuktikan bahwa mereka juga mampu berprestasi walau hanya mendapatkan dukungan dari SEPARUH FANDOM yang masih setia. Salah satu prestasi yang paling membanggakan adalah saat JB dan Jin Young terlibat secara penuh dalam proses pembuatan Mini Album “Verse 2”, mereka secara aktif menciptakan dan menuliskan lirik demi lirik untuk setiap lagu dalam album tersebut. Mereka berhasil menunjukkan adanya peningkatan kemampuan diri dan bisa menjadi pribadi yang jauh lebih baik lagi.



Lagu “Tomorrow Today” memberikan makna dan arti positif yang mendalam tentang kegalauan dan kerisauan yang dihadapi oleh semua orang, khususnya para generasi muda yang tak tahu ke mana harus melangkah, yang kebingungan memilih apa yang akan mereka lakukan di masa depan. Bukan hanya berbicara tentang cinta, patah hati dll, namun dapat memberikan aura positif kepada semua orang yang mendengarkan lagu tersebut. Itulah PRESTASI YANG SESUNGGUHNYA ^_^



Mereka yang tidak fanatik (alias bukan orang yang memiliki prinsip “JJP BUKAN BIASKU jadi aku menolak mendukung), mereka yang mengerti, memahami dan meresapi makna yang ingin disampaikan dari lagu tersebut, pastilah menyukai lagu tersebut dan bahkan cenderung mengidolakan JB dan Jin Young, walaupun awalnya mereka bukanlah fans.

Itulah yang membuat JJ Project comeback yang walau hanya didukung oleh SEPARUH FANS yang setia, namun nyatanya masih mampu menunjukkan berbagai prestasi yang luar biasa.

Berikut ini adalah beberapa prestasi yang berhasil ditorehkan oleh JJ Project “Verse 2” sejak pertama kali dirilis : 
1. No 1 Itunes Chart di 20 negara di seluruh dunia.  
Tak lama setelah JJ Project “Verse 2” dirilis, Mini album tersebut tercatat telah berhasil merajai tangga lagu di 20 negara di seluruh belahan dunia, melebihi pencapaian GOT7 “Flight Log: Arrival” yang hanya menduduki posisi 1 Itunes di 6 negara.


 
Awalnya hanya di 10 negara, namun kemudian bertambah menjadi 12 negara hingga akhirnya JJ Project “Verse 2’ berhasil merajai tangga lagu Itunes di 20 negara di dunia.



2. No 1 di berbagai situs musik Korea Selatan.  
JJ Project juga berhasil menduduki posisi No 1 di Mnet, no 1 di Melon, no 3 di Bugs, no 10 di Genie dan berbagai prestasi membanggkan lainnya.



3. No 2 dalam Billboard World Album dan no 9 dalam Billboard Heatseeker Album 
Tak cukup sampai di sana, Billboard pun akhirnya merilis daftar album yang termasuk dalam Billboard World Album bulan Agustus 2017 ini dan JJ Project “Verse 2” tampak duduk manis di posisi nomor 2, satu tingkat di atas EXO “Ko Ko Bop”. Selain itu, JJ Project “Verse 2” juga duduk di posisi 9 dalam Billboard Heatseeker Album.



4. MV Project “Tomorrow Today” ditonton 1,8 juta kali dalam 24 jam. 
MV “Tomorrow Today” pun telah ditonton lebih dari 1,8 juta penonton dalam waktu 24 jam, dan mungkin akan mencapai lebih dari itu andaikan mesin penghitung Youtube tidak mengalami pembekuan selama 3 kali dengan jangka waktu lebih dari 5 jam dan lagi-lagi fakta bahwa JJ Project hanya didukung oleh SEPARUH FANS.


Namun hal ini dapat dikatakan sebagai peningkatan prestasi bila dibandingkan dengan MV JJ Project “Bounce” yang hanya mendapatkan 1 juta lebih penonton dalam waktu 48 jam (2 hari). 
* Bounce = 1 juta penonton lebih dalam 48 jam.
* Tomorrow Today = 1,8 juta pentonton dalam 24 jam.

5. No 1 dalam Hanteo Daily Chart 
Tak lama setelah dirilis, JJ Project “Verse 2” juga menduduki nomor 1 dalam Hanteo Daily Chart dengan jumlah penjualan album sebanyak 22,199 copy kurang dari 24 jam. Hal ini melebihi prestasi JJ Project “Bounce” yang berhasil menjual sebanyak 12,633 copy dalam waktu 1 bulan. 


* Bounce = 12,633 copy dalam waktu 1 bulan. 
* Verse 2 = 22,199 copy dalam waktu 1 hari.


6. No 1 dalam Hanteo Weekly Chart 
Akun resmi GOT7 yaitu @GOT7Official di twitter pun merilis kabar gembira lain bahwa Mini Album terbaru JJ Project "Verse 2" berhasil duduk di posisi Nomor 1 dalam Hanteo Weekly Album Chart. JJ Project "Verse 2" telah terjual sebanyak 63.157 copy dalam waktu seminggu setelah dirilis, melebihi pencapaian JJ Project "Bounce" yang terjual sebanyak 12.633 copy. Sekali lagi, JJ Project mengalahkan rekor mereka sendiri. 


* Bounce = 12,633 copy dalam waktu 1 bulan. 
* Verse 2 = 63,157 copy dalam waktu 1 minggu.


7. No 1 dalam Japan Towards Record Chart 
Tak hanya di Korea, JJ Project "Verse 2" juga mencetak prestasi yang membanggakan dengan berhasil duduk di Posisi nomor 1 di Japan Toward Record Chart.



8. No 1 untuk “Best New Album” dan no 6 untuk “Most Download Song” dalam Hongkong Weekly Chart 
Tak hanya di Jepang, JJ Project “Verse 2” juga mencetak prestasi yang membanggakan di Hongkong dengan berhasil duduk manis di posisi nomor 1 untuk Album Terlaris selama seminggu dan Single hits “Tomorrow Today” pun duduk di posisi 6 untuk lagu yang paling banyak didownload dalam Hongkong Daily Chart.


9. No 2 untuk “Most Searched Group” dalam Melon Chart 
JJ Project berada di posisi nomor 2 sebagai “Grup yang paling banyak dicari (Most Searched Group)” dalam Melon Chart periode 30 Juli – 5 Agustus 2017.


10. No 1 dalam Mnet Countdown Pre-Voting di seluruh dunia 
JJ Project pun menjadi nominasi yang mendapat suara paling banyak di berbagai negara dalam Mnet Countdown Pre-Voting periode tanggal 4 Agustus – 7 Agustus 2017. 
* Global = 1 
* Japan = 1 
* Overall = 1 
* Korea = 2


Walaupun sistem Pre-voting tersebut bukanlah jaminan bagi seorang idola untuk mendapatkan tropi kemenangan namun hal tersebut sudah merupakan kebanggaan tersendiri bagi JJ Project mengingat mereka memang menghadapi lawan berat dan persaingan di bulan Agustus ini memang terbilang sangat ketat. Namun dapat unggul di berbagai negara dalam Sistem Pre-Voting Mnet sudah merupakan bukti bahwa walaupun HANYA DIDUKUNG OLEH SEPARUH FANDOM YANG MASIH SETIA, tetapi JJ Project tetap mampu memberikan perlawanan yang maksimal.

11. No 1 dalam Mnet Countdown Pre-Voting dengan perolehan suara 47% 
JJ Project “Tomorrow Today” berhasil unggul sementara dalam Pre-Voting yang diadakan oleh Mnet Countdown periode 4 Agustus 2017 – 7 Agustus 2017 dengan meraih posisi nomor 1 dengan jumlah suara sebesar 47% melalui persaingan ketat melawan EXO, yang sangat terkenal memiliki fandom yang kuat, solid, kompak dan akan melakukan apa saja agar idola mereka dapat menang.
 

Namun tentu saja, ini masih belum menjadi jaminan bahwa piala kemenangan telah menjadi hal milik JB dan Jin Young, mengingat sistem Pre-Voting hanya berpengaruh sebesar 10% dan melihat fakta bahwa JJ Project hanya didukung oleh SEPARUH FANDOM, sementara EXO didukung oleh FULL Fandom. Jangankan dengan dukungan separuh fandom, seluruh Ahgase bersatupun masih belum tentu bisa mengalahkan EXO- L. Namun setidaknya hal ini cukup membanggakan karena walaupun hanya didukung oleh SEPARUH FANDOM, JJ Project tetap mampu memberikan perlawanan alot kepada EXO yang notabene-nya lebih unggul dalam segala-galanya.

But, keep strong JJP ^_^ Walau hanya separuh fandom yang mendukung kalian, namun dapat duduk di posisi nomor 2 Billboard World Album, no 9 Top Ten Heatseeker Album Billboard dan berbagai prestasi lain adalah sesuatu yang membanggakan. Kami, separuh fandom yang tetap setia akan berjuang keras semampu yang kami bisa. At least, we try ^_^ You are not alone! Half Ahgase is still be with you now and forever ^_^

Walaupun seandainya JJ Project gagal membawa pulang satupun tropi kemenangan di berbagai acara musik namun kalian tetaplah JUARA di hati kami dan fakta bahwa kalian berjuang sendiri adalah sebuah prestasi tersendiri.

* Akan diupdate bila JJ Project berhasil menorehkan prestasi lainnya.

Source : Billboard + berbagai sumber
Written by : Liliana Tan 
NOTE : DILARANG MENG-COPY PASTE TANPA IJIN DARI PENULIS !!! REPOST WITH FULL CREDIT !!!

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.