Thursday, August 10, 2017

Tutorial untuk mendukung JJ Project di berbagai acara musik (ONLY FOR REAL AHGASE, NOT FAKE AHGASE)



Ini adalah tutorial untuk the REAL AHGASE, untuk mereka yang setia memberikan dukungan kepada JJ Project walaupun JJP bukan bias mereka, dan BUKAN UNTUK THE FAKE AHGASE yang menolak memberikan dukungan kepada JJ Project dengan alasan “JJP BUKAN BIASKU!” FAKE AHGASE harap tidak salah kamar !!!

Ini adalah pertama kalinya bagi penulis begitu berjuang keras untuk mendukung seorang artis. KENAPA? Karena melihat fakta bahwa JJ Project comeback hanya didukung oleh SEPARUH FANDOM saja, membuat penulis tergerak untuk membuat Tutorial untuk mendukung JJ Project di berbagai acara musik di Korea. Dengan harapan bahwa mungkin saja SEPARUH FANDOM lagi yang tidak mau mendukung tersebut bukan karena mereka tidak mau, namun karena TIDAK MENGETAHUI CARANYA *Positif Thinking* untuk itulah akhirnya penulis memutuskan untuk membuat Tutorial ini.

Mungkin memang saat ini, tutorial ini diperuntukkan khusus untuk mendukung JJ Project Comeback, namun di masa depan, tutorial ini juga dapat digunakan untuk mendukung GOT7 comeback karena pastilah cara penilaian semua acara musik di Korea tidak akan mengalami perubahan yang signifikan seiring waktu berjalan. Jadi cepat atau lambat, semua yang merasa dirinya Kpoper juga pasti akan membutuhkan panduan di dalamnya.

Untuk Real Ahgase, yang merasa dirinya the Real Fans, mari kita sama-sama mendukung JJ Project comeback walaupun hanya dengan SEPARUH KEKUATAN. Ingatlah bahwa kelima member GOT7 juga sangat mengharapkan JJ Project sukses karena JJ Project MEWAKILI GOT7 jadi MENDUKUNG JJ PROJECT SAMA DENGAN MENDUKUNG GOT7. Jadi mari kita berjuang bersama, menang atau kalah, setidaknya kita sudah berusaha keras. Sekarang saatnya membuktikan kalian AHGASE ASLI ATAU AHGASE PALSU ^_^

“(News) Tutorial untuk mendukung JJ Project di berbagai acara musik (ONLY FOR REAL AHGASE, NOT FAKE AHGASE)”

 




Korea Selatan, yang saat ini dikenal sebagai kiblat musiknya Asia memang sudah sangat terkenal dengan Kpop-nya. Dunia Kpop Korea Selatan selalu diramaikan oleh sederetan artis-artis idola yang datang dan pergi secara bergantian setiap bulan. Saat artis A telah menyelesaikan masa promosi mereka, maka artis B akan datang mengambil alih, begitu seterusnya. Tentu saja untuk meramaikan dunia Per-Kpop-an mereka dan untuk menaikkan rating televisi, sejumlah Stasiun TV ternama Korea seperti SBS, KBS dan MBC pun berlomba-lomba untuk menayangkan berbagai acara musik yang pastinya akan sangat diminati oleh para fans Kpop di seluruh dunia.

Di Korea Selatan sendiri tercatat ada 6 acara musik yang tayang bergantian setiap hari mulai dari : Mnet Mcountdown, KBS Music Bank, SBS Inkigayo, MBS Music Core, SBS The Show dan MBC Show Champion. Setiap minggunya, satu pemenang akan dipilih dari masing-masing acara.


Berhubung artikel ini dibuat untuk mendukung JJ Project comeback, jadi bagi yang merasa The REAL AHGASE, yang mendukung semua member GOT7 tanpa membeda-bedakan “Si A biasku jadi aku dukung, si B bukan biasku jadi aku menolak mendukung,” dan sepenuh hati ingin membantu JJ Project di berbagai acara musik, mengingat JJ Project adalah perwakilan dari GOT7 dan comebacknya GOT7 juga bergantung dari kesuksesan JJ Project, namun tidak mengerti bagaimana cara mendukung mereka, berikut ini adalah tutorial yang dapat kalian lakukan untuk mendukung JJ Project. Walaupun seandainya gagal, setidaknya Ahgase yang masih setia telah berusaha memberikan yang terbaik untuk mereka.

Setiap acara musik di Korea Selatan, memiliki presentase dan cara tersendiri dalam memberikan penilaian. Ada berbagai cara untuk menentukan juara setiap minggunya. Namun yang paling umum digunakan adalah beberapa cara berikut :

a. Penjualan album Fisik
Membeli CD album original JJ Project bagi para fans yang mampu. Toko-toko resmi penjualan album yang dihitung adalah : YesAsia, Ktown4U, Synnara, Kpoptown, Applemusic, Leesmusic.


b. Penjualan album digital
Streaming dan download lagu-lagu JJ Project “Verse 2” di Mel0n, Naver, Bugs, Soribada, Genie, etc. Untuk  yang satu ini, kita diharuskan untuk menginstal aplikasi terlebih dahulu. Lalu kemudian wajib mendaftarkan akun alias register, barulah kemudian kita dapat mendengarkan lagu-lagu mereka. Namun untuk dapat mendengarkan secara gratis, kita harus melewati tahap streaming pass, yang mana sayangnya saya sendiri pun tidak berhasil melewati proses streaming pass dan berakhir meminta akun dari sesama Ahgase yang setia agar bisa menstreaming lagu-lagu JJ Project untuk membantu penjualan album digital mereka. Namun untuk akun Streaming Pass ini kita hanya dapat mendengarkan lagu-lagu JJ Project/GOT7 sekali dalam satu jam.


Namun ada pula akun fanpage dari GOT7 di twitter yang bersedia menawarkan bantuan untuk membuatkan ID Melon atau Genie (namun sayangnya Genie belum tersedia di Indonesia). Akun fanpage tersebut adalah : @Got7forthewin. Kalian dapat menghubungi admin akun FP tersebut dan mereka akan dengan senang hati membantu. Tentunya kalian harus berbicara dalam bahasa inggris ya ^_^

Jika tanpa melalui streaming pass, maka untuk mendengarkan atau mendownload lagu-lagu yang ada di sana harus kalian harus memiliki/membeli akun pass pada masing-masing situs penjualan digital tersebut terlebih dahulu dan harus mengeluarkan dana sekitar Rp 200.000/akun selama sebulan dengan fasilitas streaming sepuasnya dan 30 kali download.

Cara Membuat Akun Melon :
1. Download dulu aplikasi MelOn : Download aplikasi yang sebesar 27 MB (yang dilingkari warna hijau)


2. Setelah masuk ke dalam apilkasi, klik tombol yang ada di kanan bawah (yang dilingkari warna hijau) 


3. Kemudian kalian akan diarahkan ke halaman seperti ini. Klik tombol “foto profil” (yang dilingkari warna hijau). 


4. Kemudian klik tombol yang ada di kanan bawah (yang diberi penunjuk tangan) 


5. Lalu klik tombol yang ada di dalam “lingkaran tanpa warna" (yang diberi penunjuk tangan)

 
 
6. Kemudian ganti klik tombol yang ada di dalam “lingkaran hijau” (yang diberi penunjuk tangan) 
 

7. Kemudian isi kolom-kolom tersebut sesuai arahan di dalam gambar. Isilah dengan email dan nama kalian di masing-masing dua kolom teratas. Lalu centanglah kolom ke-2 hingga kolom ke-5 (yang dalam gambar diberi tanda silang), kemudian klik warna hijau.


8. Setelah sukses, kalian akan mendapatkan email yang berisi “Confirmation Number”. Jika kalian belum menerima “Confirmation Number”, maka kalian dapat meminta kembali “Confirmation Number” tersebut dengan mengklik tombol yang ada di bawahnya (yang diberi penunjuk tangan). 


9. Isilah semua data sesuai arahan yang ada dalam gambar.
* Kolom pertama : Confirmation Number yang dikirim melalui email yang tadi didaftarkan.
* Kolom kedua : ID/Username.
* Kolom ketiga : Pasword.
* Kolom keempat : Confirm Pasword.
* Kolom kelima : Nickname.
* Kolom keenam :  Isi jenis kelamin kalian dengan memberi centang pada kolom "kiri = pria dan kanan = wanita".
* Kolom ketujuh : Birthday (dimulai dari tahun, bulan dan hari)
Barulah klik warna hijau setelah semua pengisian selesai.


Cara Streaming Akun Melon : 
1. Login ke dalam aplikasi Melon.
2. Klik tombol “Cari” yang ada di kanan atas (yang dilingkari warna hijau) 
 

3. Ketikkan nama “JJ Project Tomorrow Today” maka akan muncul berbagai pilihan JJ Project. Jika kalian tidak bisa menuliskan huruf hangulnya, cukup ketikkan nama "JJ Project" saja dan pasti akan ditampilkan berbagai pilihan tentang mereka.
 

4. Selanjutnya klik di gambar JJ Project “Verse 2”.
5. Carilah judul lagu “Tomorrow Today” dan klik di tombol berwarna hijau (yang juga dilingkari warna hijau) 


6. Setelah mendengarkan hingga habis, klik tombol bergambar “Musik” (yang dilingkari warna hijau) 


7. Kemudian klik tombol yang berada di kanan atas (yang dilingkari warna hijau) untuk menghapus history. History harus selalu dihapus agar Melon tidak mengganggap akun anda sebagai Spam. 


8. Kemudian klik lagi tombol di atas hingga di depannya muncul tanda centang. (yang dilingkari warna hijau)

  

9. Kemudian klik lagi tombol di kanan atas yang di depannya ada tanda centang, namun kali ini berubah menjadi centang hijau (yang dilingkari warna hijau) 


9. Kemudian klik juga gambar “Tong sampah” yang ada di kanan bawah (yang dilingkari warna merah). 


10. Kemudian kalian akan dialihkan ke halaman konfirmasi, klik tombol yang ada di kanan bawah untuk mengkonfirmasi (yang dilingkari warna hijau). 


11. Logout dari akun melon. 
12. Login lagi 1 jam kemudian dengan cara yang sama. Ulangi hingga berkali-kali untuk membantu JJP.

c. You Tube Viewer 
Hal ini adalah hal yang sebenarnya paling mudah dilakukan oleh para International Fans yang tak sanggup membeli album original yang berharga mahal ataupun mendaftar akun digital seperti Melon, Genie dll dengan bahasa yang tidak kita mengerti dan huruf kotak-kotak yang membingungkan.

Streaming MV terbaru dari lagu yang sedang dipromosikan oleh seorang artis adalah cara yang paling mudah untuk mendapatkan tambahan poin yang nantinya akan berguna untuk dijadikan bahan pertimbangan oleh berbagai acara musik tersebut.


Untuk membantu JJ Project comeback, para fans yang masih setia sangat diharapkan peran sertanya untuk menonton MV JJ Project “Tomorrow Today” kapanpun kalian memiliki waktu luang. Dan tolong diingat, kalian harus lakukan streaming dengan cara yang tepat agar You Tube dapat menghitungnya.

Cara streaming You Tube yang tepat adalah : 
Streaming Jangka Pendek : 
1. Tontonlah MV JJ Project “Tomorrow Today” di akun Official JYP Entertainment, bukan akun abal-abal buatan fans. Karena yang dinilai adalah MV yang ada di akun Offiicial Agensi yang bersangkutan. 
2. Matikan tombol “Autoplay” dan tontonlah dengan suara 75-100% dan video HD atau setidaknya dengan resolusi 720P. 
3. Tontonlah hingga habis. Kalian juga dapat memberikan like, komentar positif dan mungkin membagikannya ke sosial media yang lain. 
4. Jangan merefresh halaman, jangan mereplay video, dan jangan men-skip iklan. 
5. Setelah seluruh MV terputar, Log Out dari akun kalian. 
6. Hapuslah semua History cookies, History atau ubahlah alamat IP kalian (jika kalian bisa). Kalau mengubah IP terlalu susah, ya tinggal dihapus aja History-nya. 
7. Tutuplah tab tersebut. 
8. Bukalah tab baru. 
9. Cari kembali MV JJ Project “Tomorrow Today” .
10. Tontonlah hingga habis. 
11. Selingi dengan menonton video lain dari JJ Project “Tomorrow Today” misalnya “JJ Project Performance at M!Countdown, KBS Music Bank, Music Core, Inkigayo dll, pokoknya yang ada embel-embelnya “JJ Project Tomorrow Today”. Karena setidaknya kalian harus menunggu minimal 5-10 menit sebelum kembali memutar MV JJ Project “Tomorrow Today”, jadi dengan begitu, kalian tidak dianggap sebagai spam atau robot. 

12. Tontonlah hingga habis video selingan tersebut sebelum kembali menonton video utama yaitu dalam hal ini JJ Project “Tomorrow Today” MV. 
13. Kembali hapuslah semua History cookies, History atau ubahlah alamat IP kalian (jika kalian bisa). Kalau mengubah IP terlalu susah, ya tinggal dihapus aja Historynya. Hapus History setiap 15 menit. 
14. Tutuplah tab tersebut. 
15. Bukalah tab baru. Dan ulangi terus berkali-kali hingga mencapai target yang kalian harapkan.

Bagi kalian yang memiliki profesi sebagai pekerja kantoran yang mungkin tak bisa menatap komputer dan setiap saat melakukan cara-cara di atas, kalian dapat melakukan streaming JANGKA PANJANG dengan cara berikut.

Streaming Jangka Panjang : 
1. Masuklah lebih dulu ke akun youtube kalian. 
2. Buatlah “Playlist” minimal 3-4 video Youtube termasuk MV JJ Project “Tomorrow Today” yang menjadi target incaran kalian. Misalnya “JJ Project Performance at M!Countdown, KBS Music Bank, Music Core, Inkigayo dll, pokoknya yang ada embel-embelnya “JJ Project Tomorrow Today”. Karena setidaknya kalian harus menunggu minimal 5-10 menit sebelum kembali memutar MV JJ Project “Tomorrow Today”, jadi dengan begitu, kalian tidak dianggap sebagai spam atau robot. 

3. Pasanglah headset untuk meredam suara bila posisi kalian di kantor seperti saya, namun tetap dengan volume 75-100% dan dan video HD atau setidaknya dengan resolusi 480P. 
4. Tontonlah hingga habis. Kalian juga dapat memberikan like, komentar positif dan mungkin membagikannya ke sosial media yang lain. 
5. Jangan merefresh halaman, jangan mereplay video, dan jangan men-skip iklan. 
6. Setelah seluruh MV terputar, Log Out dari akun kalian. 
7. Hapuslah semua History cookies, History atau ubahlah alamat IP kalian (jika kalian bisa). Kalau mengubah IP terlalu susah, ya tinggal dihapus aja History-nya. 
8. Kemudian kembali buka playlist yang telah kalian buat dan biarkan terputar dengan sendirinya. Jadi dengan begitu, kalian bisa bekerja dengan tenang sekaligus dapat membantu memberikan dukungan pada JJ Project.

Setelah membahas berbagai cara penilaian yang umumnya dijadikan patokan oleh berbagai acara musik tersebut, maka sekarang saatnya melihat presentase cara-cara penilaian tersebut karena setiap acara musik memiliki presentase yang berbeda. Dan tiga di atas adalah cara yang paling umum digunakan, namun selain tiga di atas, ada juga cara lain yang digunakan sebagai pertimbangan penilaian.

1. M!Countdown 
M!Countdown merupakan salah satu program musik show Korea yang sangat diminati disana. Untuk memenangkan trofi kemenangan di acara musik ini, ada beberapa kategori kemenangan yang harus dipenuhi.   

Tayang : Setiap Kamis, pukul 18.00 KST (16.00 WIB/17.00 WITA/18.00 WIT) 
Poin Penilaian : 
* 50% : Digital single sales (MelOn, Soribada, Bugs, Mnet) 
* 15% : Physical album sales (Hanteo) 
* 15% : Social Media Score (Official Youtube views only)  
* 10% : Popularity vote (Global Fans Vote researched by Mnet) 
* 10% : Broadcast score.
* 10% : Live broadcast voting (Korea only)

Pre-Voting 
Salah satu point penilaian yang tak kalah penting dalam M!Countdown adalah Pre-Voting, di mana voting ini mempunyai persentase sebesar 10% untuk kemenangan suatu boygrup/girlgrup/solois di sini. Walaupun cuma 10%, hal tersebut perlu dimaksimalkan untuk mendukung para idola melalui voting ini.

Berikut ini adalah link untuk melakukan Pre-voting : M!Countdown Pre-Voting 
Untuk minggu pertama di bulan Agustus ini, JJ Project menjadi pemenang dalam sistem Pre-Voting dengan jumlah suara sebesar 47%. Namun tentu saja, ini masih belum menjadi jaminan bahwa piala kemenangan telah menjadi hal milik JB dan Jin Young, mengingat sistem Pre-Voting hanya berpengaruh sebesar 10% dan melihat fakta bahwa JJ Project hanya didukung oleh SEPARUH FANDOM, sementara EXO didukung oleh FULL Fandom. 


Jangankan dengan dukungan separuh fandom, Seluruh Ahgase bersatupun masih belum tentu bisa mengalahkan EXO- L. Namun setidaknya hal ini cukup membanggakan karena walaupun hanya didukung oleh SEPARUH FANDOM, JJ Project tetap mampu memberikan perlawanan alot kepada EXO yang notabene-nya lebih unggul dalam segala-galanya.

Video vote :
Berikut link untuk Video Poll : MCountdown Video Poll 
Dalam video Vote minggu pertama bulan Agustus 2017 ini pun, JJ Project pernah sempat memimpin di puncak tangga nomor 1 sebelum akhirnya Buddy dan EXO-L akhirnya bersatu untuk mendukung idola masing-masing, sehingga akhirnya membuat JJ Project yang hanya didukung oleh SEPARUH FANDOM terlempar ke posisi ke-3. 

JJP pernah berada di puncak tangga sebelum akhirnya turun ke rank 3 karena tak ada dukungan dari Fans mereka sendiri. Yasudahlah -__- Ahgase bersatu aja masih seperti butiran debu apalagi terpecah seperti sekarang. Apa yang bisa diharapkan dari sekumpulan bayi burung pengkhianat? T__T

Hei, tapi setidaknya pernah berada di puncak tangga itu sudah cukup membanggakan mengingat SEPARUH AHGASE MENINGGALKAN JJ PROJECT dan HANYA SEPARUH YANG BERJUANG KERAS memberikan dukungan. Maklum dong ya kalau kalah, orang cuma separuh fandom yang dukung -__- Fakta yang menyedihkan.

Untuk Voting Via SMS (jika JJ Project masuk dalam nominasi 2 besar), berikut adalah caranya : 
A. Alamat IP (Laptop/komputer/android) : 
Kalian bisa voting dgn IP adress kalian sebanyak 3x dengan mengetik/mencopy paste tulisan “제이제이 프로젝트” (Hanya “JJ Project”, JANGAN DITAMBAH kata apa pun), di masing-masing situs ini dan kirimkan ke : 00822336.
Berikut linknya : 
Note : Jangan lupa pilih negara “Korea” di pilihan “Select Countries”

B. Melalui SMS HP : 
Kalian cukup mengetikkan “제이제이프로젝트” (Hanya “JJ Project”, JANGAN DITAMBAH kata apa pun) dan kirim ke : +822336. 

Untuk setiap pengiriman, berlaku biaya SMS : 
* Internasional (AS = 1000/SMS, Kartu Halo = 500/sms, Simpati = 600/sms, Indosat = 500/sms, XLprabayar = 500/sms, 3 (Three) = 500-1000/sms), namun perlu digaris bawahi bahwa tarif tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

Cara mendaftarkan Akun M.Wave : 
Untuk membuat akun M.Wave terbilang sangat mudah karena kalian dapat mendaftar dengan menggunakan akun Facebook, Twitter ataupun Kakao, jika mendaftar menggunakan email masih dirasa terlalu susah. 

Selain itu, penjualan digital musik biasanya diambil dari empat chart musik mingguan ternama Korea, seperti Mnet, MelOn, Soribada, dan Bugs, sementara penjualan album fisik (CD) diambil dari Hanteo chart. Sedangkan untuk toko-toko resmi penjualan album, yang dihitung adalah penjualan dari : YesAsia, Ktown4U, Synnara, Kpoptown, Applemusic, Leesmusic. Sementara skor social media ditentukan oleh jumlah viewers video musik di You Tube, dan juga mention di akun social media seperti Twitter.

Untuk You Tube, mereka akan menghitung jumlah viewers, likes, dan komentar yang dilihat dari hashtag dan nama artis. Agar bisa masuk ke hitungan tersebut, kita harus menyaksikan videonya melalui playlist yang ada di You Tube. Fans internasional pun bisa berpartisipasi dengan cara tersebut. Sementara polling online ditentukan lewat voting melalui halaman Mwave dan Mnet Jepang.

2. MBC Show Champion 
Tayang : Setiap Rabu, pukul 19.00 KST (17.00 WIB/ 18.00 WITA/19.00 WIT) 
Poin Penilaian : 
a. 45% : Penjualan digital album di berbagai situs resmi seperti : Mel0n, Naver, Bugs, Soribada,Genie. 
b. 10% : Penjualan album (Hanteo) 
c. 15% : Preferensi netizen/SNS Point (Voting melalui ShowChamp apk ataupun MangoTV) 
d. 15% : Ranking dari Juri Profesional Musik.
e. 15% : MBC Broadcast Poin.

Pre-Voting : 
Vote dapat dilakukan sebanyak 3 kali dalam sehari. 
Caranya : 
a. Download terlebih dahulu Aplikasi Idol Champ atau download di situs lain (apk pure/apkplz)
b. Begitu masuk ke aplikasi, akan muncul gambar "angka 3 dan hati disertai tanda silang". Klik tanda silang itu (yang dilingkari warna merah)


c. Setelah tanda silang menghilang, klik tanda “garis 3” berwarna merah muda di sudut kiri atas (yang dilingkari warna hijau). 


d. Klik tulisan “로그인” untuk melakukan login 
e. Kalian dapat melakukan Login menggunakan akun Google+, Facebook atau Kakao sebagai cara yang paling mudah. 
f. Klik icon “tangan” yang ada di tengah-tengah halaman (yang dilingkari warna hijau). 


g. Klik kolom Voting “Show Champion” seperti gambar di bawah ini (yang dilingkari warna hijau). 


h. Cari nama “JJ Project”. 


i. Di samping nominasi “JJ Project”, klik icon tangan tersebut sebanyak 3 kali sampai tampilan berubah seperti dua gambar di bawah ini.


3. KBS Music Bank 
Tayang : Setiap Jumat, pukul 17.00 KST (15.00 WIB/ 16.00 WITA/ 17.00 WIT) 
Poin Penilaian : 
* 65% : Penjualan digital di berbagai situs resmi seperti Mel0n, Naver, Bugs, Soribada, Genie, MNet, Olleh, etc. 
* 5% : Penjualan album fisik (Hanteo, Synnara & Hot Tracks).
* 20% : Broadcast Score Hanya untuk KBS TV.
* 10% : Viewer Rating (pilihan penonton, yang kemungkinan besar diambil sebagian dari viewer Youtube)


Salah satu hal yang menarik dalam program ini adalah jumlah tayangan penampilan, yang dinilai sebesar 20%. Skor ini diambil dari berapa kali video musik idola K-Pop ditayangkan di akhir program yang tayang di KBS, dan juga berapa kali artis tersebut tampil di program siaran.

“Music Bank” juga akan menghitung jumlah ringtone yang didownload sebagai bagian dari penghitungan penjualan musik digital, dan juga informasi dari MelOn, Bugs, Mnet, Olleh, dan Soribada. Skor album dihitung dari penjualan album mingguan di Synnara dan Hot Tracks. Sementara pilihan penonton dihitung dari jumlah voting yang dikirim fans melalui situs survey, survey.kbs.co.


4. MBC Music Core 
Tayang : Setiap Sabtu, pukul 15.50 PM (13.50 WIB/14.50 WITA/15.50 WIT) 
Poin Penilaian : 
* 70% : Penjualan digital Musik dan Album fisik. 
* 10% : Panitia voting penonton (kemungkinan besar viewers Youtube) 
* 10% : Voting live via SMS.

 

Dari banyaknya program musik, “Music Core” adalah yang paling menekankan pada penjualan digital musik dan album fisik. Sayangnya, cara perhitungan penjualan tersebut belum terungkap. ‘Music Core’ menentukan skor berdasarkan Gaon Charts.

Sementara untuk skor video MV Youtube hanya dihitung saat fans menyaksikan video tersebut dengan kualitas 720P atau 1080p di You Tube. Panitia voting penonton akan menghitung setelah bertanya pada 2000 voters untuk memilih 4 dari 30 daftar artis, melalui sebuah situs survei. Mereka yang memberikan voting bisa berkesempatan untuk hadir di siaran ‘Music Core’ dan melihat penampilan idola mereka secara langsung.


5. SBS Inkigayo 
Tayang : Setiap Minggu pukul 12.10 KST (10.10 WIB/11.10 WITA/12.10 WIT) 
Poin Penilaian : 
* 55% : Penjualan album digital di berbagai situs resmi seperti Mel0n, Naver, Bugs, Soribada, Genie, MNet, Olleh, etc. 
* 5% : Penjualan album fisik. 
* 35% : SNS (Sosial Media) yang ditentukan melalui Youtube viewers, Twitter, Facebook dan Me2day. 
* 5% : Inkigayo Pre-Voting khusus bagi pengguna Mel0n akun yaitu voting penonton sebelum acara. 
* 10 % : Voting secara live saat acara berlangsung melalui SMS, Voting khusus untuk 3 nominasi pemenang.


Dalam penilaiannya, SBS tak memasukkan data penjualan album. Tak hanya itu, ‘Inkigayo’ juga lebih mementingkan penilaian lewat skor social media. Sementara skor musiknya ditentukan lewat chart digital Gaon.

Skor social media ditentukan lewat YouTube, Twitter, Facebook, dan Me2day. Bahkan untuk skor setiap social media juga memiliki jumlah yang berbeda. Contohnya, penilaian viewers di youTube sebesar 70%, dan komentar sebesar 20%. Voting penonton sebelum acara dimulai bisa dilakukan lewat sebuah aplikasi bernama M-n-TV. Sementara voting secara langsung dilakukan saat acara ditayangkan.


Untuk Voting Via SMS (jika JJ Project masuk dalam nominasi 3 besar), berikut adalah caranya : 
A. Alamat IP (Laptop/komputer/android) : 
Kalian bisa voting dgn IP adress kalian sebanyak 3x dengan mengetik/mencopy paste tulisan “제이제이프로젝트” (Hanya “JJ Project”, JANGAN DITAMBAH kata apa pun), di masing-masing situs ini dan kirimkan ke : 00821245.
Berikut linknya :  
Note : Jangan lupa pilih negara “Korea” di pilihan “Select Countries”

B. Melalui SMS HP : 
Kalian cukup mengetikkan “제이제이프로젝트” (Hanya “JJ Project”, JANGAN DITAMBAH kata apa pun) dan kirim ke : +821245. 
Untuk setiap pengiriman, berlaku biaya SMS : 
* Internasional (AS = 1000/SMS, Kartu Halo = 500/sms, Simpati = 600/sms, Indosat = 500/sms, XLprabayar = 500/sms, 3 (Three) = 500-1000/sms), namun perlu digaris bawahi bahwa tarif tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

6. SBS The Show 
Tayang : Setiap Selasa, pukul 20.00 KST (18.00WIB/19.00 WITA/20.00 WIT) 
Poin Penilaian : 
* 35% : Penjualan album fisik + penjualan digital + SNS hashtag (Korea) 
* 35% : MV Viewer di Tudou + Gift Point di Tudou. 
Untuk next round buat Top5 pemenangnya juga akan dipilih melalui voting langsung saat live yaitu : 
* 15% : Text/SMS Vote setiap Selasa saat MC mengumumkan voting ini resmi dibuka. 
* 15% : Tudou/Laifeng Vote setiap Selasa (18.00-18.55 WIB/ 19.00-19.55 WITA/ 20.00-20.55 WIT)


Untuk MV Viewer Tudou : 
Sama seperti Streaming MV di Youtube, tontonlah MV JJ Project “Tomorrow Today” di akun resmi JYP Entertainment. Tontonlah dengan suara 75-100% dan video HD atau setidaknya dengan resolusi 480P. Tontonlah hingga habis. Kalian juga dapat memberikan like, komentar positif dan mungkin membagikannya ke sosial media yang lain. Setelah selesai menonton hingga habis, hapuslah history dan ulangi berkali-kali.

Untuk SNS hashtag Korea : 
Khusus untuk yang memiliki akun twitter, kalian harus follow twitter SBS terlebih dahulu @SBS_MTV, kemudian mention @SBS_MTV dalam tweet kalian dan gunakan hashtag #제이제이프로젝트 #JJP seperti contohnya di bawah ini :

Keep Fighting #JJP @SBS_MTV #제이제이프로젝 #TomorrowToday #더쇼 #JJProject We Love You All

Catatan : Jangan menambahkan tanda apa pun kecuali titik (.), koma (,), tanda seru (!) dan tanda tanya (?). Jangan  menggunakan emoji, gambar ataupun link. Yang penting hanya berupa huruf seperti contoh di atas serta jangan diretweet karna retweet tidak dihitung. 1 tweet = 1 vote.


Untuk Voting Via SMS (jika JJ Project masuk dalam nominasi 2 besar), berikut adalah caranya : 
A. Alamat IP (Laptop/komputer/android) : 
Kalian bisa voting dgn IP adress kalian sebanyak 3x dengan mengetik/mencopy paste tulisan “제이제이 프로젝트” (Hanya “JJ Project”, JANGAN DITAMBAH kata apa pun), di masing-masing situs ini dan kirimkan ke : 00821119
Berikut Linknya : 
Note : Jangan lupa pilih negara “Korea” di pilihan “Select Countries”

B. Melalui SMS HP : 
Kalian cukup mengetikkan “제이제이프로젝트” (Hanya “JJ Project”, JANGAN DITAMBAH kata apa pun) dan kirim ke : +821119. 
Untuk setiap pengiriman, berlaku biaya SMS : 
* Internasional (AS = 1000/SMS, Kartu Halo = 500/sms, Simpati = 600/sms, Indosat = 500/sms, XLprabayar = 500/sms, 3 (Three) = 500-1000/sms), namun perlu digaris bawahi bahwa tarif tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.


Semoga postingan ini dapat bermanfaat dan dapat membantu teman-teman Ahgase yang masih seria mendukung JJ Project Comeback. Kami yang masih setia mendukung akan melakukan yang terbaik untuk GOT7’s Parents (JB dan Jin Young) agar mereka mendapatkan apa yang layak mereka dapatkan. Walaupun seandainya kita tetap gagal dan JJ Project harus menelan pil pahit tidak berhasil membawa pulang satupun tropi kemenangan dalam Comeback kali ini dikarenakan SEPARUH FANDOM AHGASE MEMILIH UNTUK TIDAK PEDULI dan MENOLAK MEMBERIKAN DUKUNGAN kepada JJ Project, setidaknya kami yang masih setia telah berusaha melakukan yang terbaik.

Lebih baik mencoba dan gagal, dari pada tidak mencoba karena takut gagal. Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Keep Smile, JJP ^_^

Source : Berbagai sumber 
Written by : Liliana Tan 
NOTE : DILARANG MENG-COPY PASTE TANPA IJIN DARI PENULIS !!! REPOST WITH FULL CREDIT !!!

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.